Jadi Lokasi Paling Horor saat Mudik, Menhub Bakal Evaluasi Pelabuhan Merak dan Tol CIpali

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Kemenhub bakal memetakan kembali tiga titik nan menjadi letak paling menantang pada penyelenggaraan mudik lebaran tahun 2024 di tahun berikutnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyebut tiga letak tersebut diantaranya arus mudik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Pelabuhan Merak dan Ketapang.

"Kita memetakan tiga tempat nan bakal terjadi suatu perihal nan mesti di atensi ialah Merak, Cipali dan Ketapang dan alhamdulillah Ketapang lancar tetapi di dua tempat di Merak dan juga di Cipali kita kudu melakukan pengamatan lebih jauh agar kita bisa melaksanakan ini dengan baik pada tahun-tahun mendatang," kata Menhub dalam penutupan posko pikulan lebaran 2024, Jumat (19/4/2024).

Banyak Kecelakaan

Lebih lanjut, Menhub mengakui bahwa mudik jalur darat memang tempat paling menantang. Pasalnya, sering terjadi kecelakaan. Misalnya, kecelakaan maut nan merenggut banyak korban jiwa terjadi di KM 58 di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Senin (8/4/2024).

Kemudian, Kecelakaan Bus Rosalia Indah terjadi di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jateng, Kamis pagi (11/4/2024). Akibatnya sebanyak 7 orang meninggal bumi dan 17 orang lainnya mengalami luka-luka dan kudu dirawat do IGD.

Disisi lain, Menhub mengatakan nomor kecelakaan pada momen mudik lebaran tahun ini menurun sebesar 8 persen. Menurutnya perihal itu merupakan suatu pencapaian nan patut diapresiasi.

"Angka kecelakaan menurun drastis. Saya katakan ini suatu keberhasilan, tidak lain dengan kepemimpinan presiden nan hari ke hari memantau. Hari ke hari kita di telpon komunikasi dua arah antara kita," ujar Menhub.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6