Cara Mengaktifkan Clipboard History di Windows 11

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Untuk memaksimalkan penggunaan Windows 10 alias Windows 11, ada baiknya kita mengaktifkan fitur clipboard history di system nan kita gunakan. Fungsi dari clipboard history ini sendiri bakal menampilkan kumpulan dari apa nan telah Anda copy / salin sebelumnya, dimana itu bisa mencakup kata atau gambar.

Nah pembahasan mengenai faedah dari fitur ini sendiri sudah pernah WinPoin telaah pada laman Cara Memanfaatkan Fitur Clipboard di Windows 10 nan tentunya tetap bertindak di Windows 11.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa dengan clipboard history kita bisa mempaste kembali setidaknya 25 daftar riwayat dari apa nan telah clipboard simpan, dengan itu kita tidak perlu menyalin kembali perihal nan mau kita paste selama tetap tersimpan di fitur ini.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa fitur ini tidak aktif secara default, baik di Windows 10 alias Windows 11, kita perlu mengaktifkannya secara manual, dan berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Cara Mengaktifkan Clipboard History di Windows 11

Untuk langkah cepat, silahkan Anda tekan keyboard shortcut Win + V secara berbarengan, kemudian pada jendela nan bakal muncul, silahkan Anda klik Turn on untuk mengaktifkan fitur clipboard history.

Namun untuk pengaturan nan lebih luas, Anda bisa mengikuti langkah berikut :

Langkah 1. Pertama silahkan Anda buka Settings > System > Clipboard.

Langkah 2. Pada laman tersebut, pastikan Toggle pada bagian Clipboard history telah dalam posisi On.

Pada laman tersebut, Anda juga bisa mengatur beberapa bagian seperti Share across devices yang mana dengan itu kita bisa berbagi clipboard dengan perangkat lain dengan akun Microsoft nan sama.

Kemudian ada Clean clipboard info untuk menghapus semua daftar clipboard history, dan Suggested actions nan bakal muncul ketika Anda mau menyalin tanggal, waktu atau nomor telepon.

Bagi saya, fitur ini sangat berfaedah dan menjadi bagian krusial dalam penggunaan sistem operasi Windows, bagi nan belum tahu, fitur ini sendiri pertama kali diperkenalkan di Windows 10 1809, dan telah berkembang makin jauh berbarengan dengan perkembangan dan pembaruan dari sistem operasi Windows.

Di Linux, apalagi saya juga mengaktifkan fitur nan sama, artikelnya bisa Anda baca pada laman Cara Menambahkan Clipboard History di Elementary OS.

Nah apakah menurutmu fitur ini bermanfaat? komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort