Jokowi Resmikan 5 Ruas Inpres Jalan Daerah di NTB Senilai Rp 211 Miliar

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Peresmian oleh Jokowi ini dilaksanakan di ruas Lembar-Sekotong-Pelangan (Segmen Lembar-Gili Mas), Kabupaten Lombok Barat, Kamis (2/5/2024).

Turut datang pada kesempatan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi, dan Pj Bupati Lombok Barat H Ilham.

Jokowi mengatakan, pembangunan IJD tahun anggaran 2023 di NTB telah selesai dilaksanakan pada 5 ruas jalan.

"Pada tahun lampau telah dibangun dan diperbaiki 5 ruas jalan di 4 kabupaten, ialah Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima. Total panjang 40,6 km dan menghabiskan biaya Rp 211 miliar," terangnya.

Dengan alokasi anggaran nan tidak mini tersebut, RI 1 berambisi kecepatan logistik dan pengedaran bakal semakin baik.

"Dan jalan menuju ke kawasan-kawasan produktif, baik itu area pertanian alias area perkebunan, semuanya bisa ditunjang oleh jalan nan baik," kata Jokowi.

Anggaran Kementerian PUPR

Sementara Menteri Basuki menyampaikan, penyelenggaraan IJD merujuk pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Pada tahun anggaran 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan wilayah di seluruh Indonesia.

"IJD menangani ruas jalan provinsi, kabupaten, alias kota nan rusak dan menghubungkan kawasan-kawasan produksi. Misalnya pertanian, wisata, termasuk transportasi logistik seperti pelabuhan. Untuk tahun 2024 ini IJD tetap terus dilanjutkan dengan anggaran sekitar Rp 15 triliun (nasional)," jelas Basuki.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6