Coldplay Pakai Visa Jenis Baru saat Konser di Indonesia, Apa Keuntungannya?

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Grup band asal Inggris Coldplay sukses menggelar konser pertama kali di Jakarta, Indonesia pada Rabu, 15 November 2023. Untuk konser di Indonesia, Coldplay telah merasakan kemudahan music and art visa setelah diluncurkan pada September 2023.

Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim menuturkan, kehadiran Coldplay menjadi momentum tepat untuk sosialisasikan jenis visa baru Indonesia. Silmy menuturkan, pemerintah berupaya menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi aktivitas alias event internasional nan diperhitungkan.

"Untuk itu, Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan kebijakan music and art visa, dengan persyaratan nan ringkas dan pengajuannya juga sangat mudah, dilakukan secara online,” ujar Silmy seperti dikutip dari laman imigrasi.go.id, ditulis Jumat (17/11/2023).

Selebritas internasional nan bakal menggelar konser musik di Indonesia tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga surat keterangan berilmu kerja minimal lima tahun.

Silmy menuturkan, penyederhanaan persyaratan untuk artis mancanegara dilakukan mereka hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia.

“Pekerjaan nan dilakukan oleh grup band alias penyanyi mancanegara di Indonesia juga tidak memberikan pengaruh persaingan kepada tenaga kerja lokal. Selain itu, SKCK tidak ada di luar negeri sehingga jika dipersyaratkan bakal menjadi perihal nan tidak lazim. Permohonan music and art visa dapat dilakukan langsung oleh pihak penyelenggara aktivitas alias promotor melalui website evisa.imigrasi.go.id,” tutur dia.

Rinciannya, music and art visa nan diterbitkan untuk Coldplay dan kru terdiri dari empat music performer visa (indeks C7A) dan 158 music performer’s crew visa (indeks C7B).

Silmy menuturkan, pihaknya mendukung Indonesia agar menjadi negara tujuan wisata musik dan seni. “Indonesia punya banyak spot wisata nan alamnya bagus dan budayanya sangat unik. Jika semakin banyak orang (WNA) datang ke sini untuk nonton konser musik, kita membuka kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi sisi-sisi menarik Indonesia nan lan sehingga mendatangkan devisa. Selain itu, dari sisi WNI juga tak perlu ke luar negeri untuk nonton konser,” kata dia.

Coldplay Janji Balik Setelah Sukses Konser di GBK, Will Champion: Butuh 25 Tahun untuk ke Jakarta

Sebelumnya seperti dikutip dari Kanal Showbiz Liputan6.com,  Rabu, 15 November 2023 adalah hari berhistoris buat penggemar Coldplay di Indonesia. Bagaimana tidak, untuk kali pertama Chris Martin dkk singgah ke Jakarta menggelar konser berjudul "Coldplay: Music of The Spheres".

Tentu tak cuma fans yang antusias memandang kehadiran Coldplay di Indonesia, band asal Inggris itu juga merasakan perihal nan sama. Will Champion sang drummer berterima kasih bisa mampir ke Indonesia setelah lebih dari dua dekade berkarir.

"Yah… lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali: kami memerlukan waktu 25 tahun untuk sampai ke Jakarta," tulis akun resmi Coldplay pada Rabu malam.

"Dan saya butuh waktu hingga bagian B-Stage untuk memposting foto ini..! It’s hot and steamy dan sungguh menakjubkan. Terima kasih telah menunggu kami. W. X," sambungnya. 

William menyertakan foto drum dengan gambar monas, komplit dengan tanggal manggung Coldplay di Jakarta. Diduga kuat Monas itu digambar sendiri oleh Will Champion.

Reaksi Penggemar Coldplay

Setelah merampungkan konser pertama di Indonesia, pelantun lagu "Hymn for The Weekend" berterima kasih kepada puluhan ribu penonton. Mereka janji, konser itu bukan jadi konser mereka satu-satunya di sini.

"Thank you for one of the best nights ever, Jakarta. We’ll be back!! (Terima kasih untuk salah satu malam terbaik nan pernah ada, Jakarta. Kami bakal kembali!!)" tulis Coldplay di platform X.

Para fans berterima kasih atas penampilan Coldplay nan mengesankan.

"Saya tidak bisa berjumpa Anda malam ini tetapi menonton videonya, wow, semuanya luar biasa. Terkesan sekali.. Tak terbayang emosi orang nan melihatnya di GBK. Ini adalah momen nan menakjubkan," kata salah satu fans.

"Terimakasih, Pinjam dulu seratus bang," ucap fans yang lain.

"Konser nan luar biasa. Kalian tidak pernah mengecewakan kami. Tontonan nan luar biasa. Musisi nan ketat. Your authentic gesture to Indonesian fans with “Assalamu’alaikum”, “Pinjam dulu Seratus” menunjukkan sungguh dahsyat dan rendah hati dirimu," tambah nan lain.

Konser Coldplay: Music of The Spheres

Tepat pukul 21.00 WIB, Chris Martin dkk naik ke atas panggung nan disambut riuh dan gemuruh seisi stadion. Aksinya dibuka lewat lagu "Higher Power".

"Halo Jakarta. Assalamualaikum," kata Chris Martin disambut tepuk tangan dan teriakan para penontonnya. Selanjutnya, Chris Martin dkk membawakan lagu "Adventure of a Lifetime", "Paradise", dan "The Scientist".

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6