Brasil Sukses Pindah Ibu Kota, Otorita IKN Berguru ke Pemkot Brasilia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Distrik Federal Kota Brasília, Brasil. Kerja sama ini untuk pertukaran pengetahuan dan kerjasama antar-ibukota baru.

"Sebagai ibu kota baru Brasil, Kota Brasilia mempunyai pengalaman dalam menjawab beragam tantangan dalam menciptakan sebuah pusat pertumbuhan ekonomi dan politik baru nan berada di tengah negara. Hal-hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi IKN," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam keterangan resminya, Jumat (19/4/2024).

Salah satu hasil pertemuan tersebut menyepakati kerja sama nan lebih erat dan konkret antara kedua kota. Selama pertemuan tersebut, Gubernur Brasilia Ibaneis Rocha membagikan pengalamannya dalam membangun Kota Brasilia.

"Selain pengembangan kota, saya dan Gubernur Brasilia juga sepakat untuk bekerja sama dalam perihal pengembangan kota pandai dan inisiatif penghijauan, pembangunan infrastruktur, pembangunan organisasi nan handal dan inklusif serta mitigasi iklim, upaya adaptasi, dan perencanaan organisasi dalam pembangunan perkotaan," imbuh Bambang.

Delegasi Otorita IKN berada di Brasília untuk menjalankan beragam agenda berbareng dengan Pemerintah Kota Brasil. Antara lain, untuk mengkaji sejarah pemindahan dan perencanaan kota Brasilia, serta tantangan pengelolaan pembangunan kota ini termasuk pengembangan permukiman dan transportasi perkotaan.

Pihak delegasi juga berjumpa dengan para akademisi termasuk dari Universitas Brasilia nan memberikan perspektif tambahan dalam pembangunan kota baru.

Perayaan Pemindahan Ibu Kota

Kunjungan ini dilaksanakan bertepatan dengan bulan seremoni 64 tahun Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia, pada April 1960. Perjalanan pembangunan Brasilia selama enam dasawarsa dianggap telah menghasilkan banyak pengetahuan nan berfaedah dan dapat menjadi pelajaran berbobot bagi pembangunan IKN.

Kerjasama ini juga sejalan dengan makin meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Brazil, nan tahun ini menjadi tuan rumah G20.

Sekretaris Jenderal Hubungan Internasional Kota Brasilia, Paco Britto menyatakan kesiapan Kota Brasilia untuk mendukung pembangunan IKN.

"Bagi Kota Brasilia, kerjasama ini sangatlah penting, lantaran pemerintah kami saat ini tengah mendorong peremajaan Kota Brasilia di usianya nan ke-64," kata Paco.

"Oleh lantaran itu, kedua pemerintah kota dapat berganti pengalaman dan bersama-sama membangun dua kota nan monumental, sekaligus menjawab tantangan urban masa kini," tuturnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6