Top 3 Tekno: Serba-serbi Kedatangan Bos Apple Tim Cook ke Indonesia Tuai Perhatian

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Menkominfo Budi Arie Setiadi belum lama ini mengumumkan seputar kehadiran bos Apple, Tim Cook, ke Indonesia. Kemarin dalam sebuah kesempatan dengan media, Budi Arie kembali menyebut soal kehadiran Tim Cook.

Bos perusahaan pembesut iPhone itu pun disebut bakal berjumpa dengan Presiden Joko Widodo dalam agendanya di Indonesia pada Rabu 17 April 2024.

Yang mengejutkan, Bos Apple Tim Cook rupanya telah sampai di Ibu Kota sejak Selasa 16 April 2024. Ia apalagi mengunggah potret dirinya ketika sedang makan sate ayam dengan seorang ahli foto iPhone.

Informasi seputar kehadiran Tim Cook di Indonesia pun menarik perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Selasa 16 April 2024.

Serba-serbi tentang kehadiran laki-laki nan menggantikan posisi Steve Jobs di Apple ini memuncaki berita-berita nan paling banyak dibaca pembaca kanal Tekno.

Berikut info selengkapnya nan berangkaian dengan kunjungan CEO Apple Tim Cook di Indonesia.

Yuma Soerianto bisa membikin CEO Apple, Tim Cook, kagum atas kemampuannya saat tetap berumur 10 tahun sudah bisa membikin beberapa aplikasi di Apple store. Yuma memperoleh danasiwa dari Apple Worldwide Developers Conference alias AWDC sebanyak 4 kali ...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Sebelum ke Indonesia, Bos Apple Tim Cook Genjot Investasi di Vietnam

Apple dilaporkan mempunyai rencana untuk meningkatkan jumlah investasinya di Vietnam. Kepastian ini diketahui berbareng dengan kunjungan CEO Apple Tim Cook ke negara tersebut.

Mengutip info dari Reuters, Selasa (16/4/2024), Apple menyatakan bakal menggelontorkan lebih banyak biaya untuk pemasok komponen mereka nan ada di Vietnam.

Saat ini, Apple diketahui telah membelanjakan sekitar 400 triliun dong alias sekitar Rp 256 triliun ke pemasok supply chain mereka di Vietnam.

Tidak hanya itu, perusahaan juga menyatakan investasi nan sudah dilakukan di Vietnam telah menciptakan sekitar 200.000 lapangan pekerjaan. Jumlah itu berasal dari pekerjaan langsung, pemasok, hingga developer aplikasi.

Sebagai tindak lanjut dari rencana ini, Vietnam menyatakan bakal membentuk satuan tugas untuk mendukung investasi nan dilakukan Apple.

Sekadar informasi, menurut CEO Apple Tim Cook, Vietnam saat ini telah menjadi hub manufaktur kunci bagi perusahaan.

Simak info selengkapnya di sini.

2. Apple Buka Akademi Pengembang Baru di Bali

Apple mengumumkan bakal membuka Apple Developer Academy keempatnya di Indonesia, dengan memilih Bali sebagai lokasinya.

Diharapkan, Apple Developer Academy ini bakal menjadi kesempatan besar bagi pengembang, pelajar, dan pengusaha nan mau merintis kariernya di industri aplikasi iOS berkembang pesat di wilayah ini.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini pertama kali membuka Apple Developer Academy pertamanya di Indonesia pada tahun 2018 dengan memilih Jakarta sebagai tempat.

Setelah itu, Apple membuka akademi di Surabaya dan Batam, dan programnya telah diikuti oleh lebih dari 2.000 calon pengembang.

Alhasil, perusahaan menyatakan 90 persen lulusannya telah mendapatkan pekerjaan di beragam sektor mulai dari pendidikan, e-commerce, transportasi, keberlanjutan, dan lebih banyak lagi.

“Kita sering memandang sebaris kode dapat mengubah dunia, dan di Indonesia, kami berinvestasi pada produktivitas dan keahlian mereka nan berkeinginan untuk membuktikan perihal itu,” kata Tim Cook, CEO Apple, dalam keterangannya.

“Kami senang sekali dengan berkembangnya organisasi developer di Indonesia, dan berambisi dapat berinvestasi pada kesuksesan lebih banyak dengan akademi keempat kami di negara ini.”

Simak info selengkapnya di sini.

3. Kejutan Saat Kehadiran Tim Cook ke Indonesia

CEO Apple Tim Cook dipastikan bakal mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat. Menurut info dari Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi, Tim Cook bakal datang ke Indonesia pada 17 April 2024.

Untuk diketahui, info soal kehadiran CEO Apple Tim Cook sudah terungkap sejak bulan lalu. Disebutkan, ada Tim Cook bakal meninjau Apple Developer Academy nan ada di Indonesia.

"Oh iya besok, dia datang tanggal 17," tutur Menkominfo saat ditemui usai Halal Bihalal Kemenkominfo di Jakarta, Selasa (16/4/2024). Kendati demikian, Menkominfo belum mengungkap soal agenda pembahasan ketika orang nomor satu Apple itu datang di Indonesia.

Ia hanya menyebut jika kehadiran Tim Cook bakal membawa kejutan. Karenanya, info soal agenda dan rencana nan bakal dibahas perlu menunggu ketika Tim Cook ada di Indonesia.

"Yang pasti, semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di bumi bakal investasi nan signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok, ada kejutan," ujar Budi Arie melanjutkan.

Ia juga menuturkan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Tim Cook juga bakal berjumpa dengan Presiden Joko Widodo. "Ya, terjadwalkan," tutur Menkominfo saat ditanya soal pertemuan bos Apple tersebut dengan Presiden Jokowi.

Meski tak banyak info nan diketahui mengenai agenda Tim Cook ketika datang di Indonesia, tapi salah satu rumor nan digadang-gadang bakal dibahas adalah soal investasi.

Simak info selengkapnya di sini.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6