Tim Cook Pertimbangkan Buka Apple Store di Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warganet di platform X namalain Twitter meminta CEO Apple Tim Cook untuk membuka toko resmi Apple Store di Indonesia.

Untuk diketahui, hingga saat ini produk Apple nan resmi di Indonesia dijual hanya melalui pemasok resmi, seperti iBox, Digimap, serta Global Danapati Niaga (GDN) lewat Blibli dan Hello.

Terkait rumor Apple Store di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Tim Cook bakal mempertimbangkan perihal tersebut.

"Itu salah satu permintaan kami juga (buka Apple Store di Indonesia), saya sudah sampaikan, Tim Cook (Apple) juga punya pertimbangan sendiri," ujar Budi Arie dalam konvensi pers usai mendampingi Presiden Jokowi berjumpa dengan Tim Cook di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Reseller produk Apple di Indonesia ada lima, itu juga salah satu permintaan. Saya sudah sampaikan juga, mereka punya pertimbangan sendiri," sambungnya.

Di sisi lain, Menkominfo menjelaskan bahwa dalam pertemuan selama satu jam itu, Tim Cook dan pemerintah menyepakati adanya sejumlah perihal penting.

Salah satunya adalah upaya agar Indonesia bisa memberikan kontribusi lebih dalam rantai pasokan dunia Apple, termasuk dalam menyediakan komponen untuk produk-produk Apple.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Cuma Ada Dua Komponen iPhone nan Dibuat di Indonesia

Budi Arie menyebut, saat ini dari 360 komponen di smartphone (iPhone), Apple hanya menggunakan dua komponen nan dibuat di Indonesia. Padahal di Vietnam, Apple menggunakan 72 komponen untuk iPhone.

"Jadi presiden sampaikan agar Apple meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain dan Apple menyambut baik perihal itu," kata Budi Arie memberikan penjelasan.

Pasalnya, menurut info di Kementerian Peridustrian, dalam satu tahun nilai impor Indonesia sebesar USD 2 miliar dari Apple.

"Jadi Indonesia tidak hanya sekadar pasar, tetapi bisa menjadi global supply chain," kata Budi Arie.

Indonesia Produksi 49 Juta HP per Tahun

Menkominfo Budi Arie menyebut Indonesia memproduksi 49 juta ponsel dalam setahun, di mana Indonesia mengimpor 2,8 juta ponsel pada 2023 dan 85 persennya Apple.

"Jadi gini, setahun itu ada 49 juta HP diproduksi di Indonesia, di mana kita impor 2,8 juta HP pada 2023 dan 85 persennya Apple. Berarti kan nyaris 2 juta lebih ya, kita impor langsung," ungkapnya.

Budi menambahkan, pemerintah sudah menyampaikan nomor tersebut kepada Tim Cook selaku ketua Apple.

"Kami sudah sampaikan nomor ini, di Indonesia posisinya segini, masa (Apple) enggak mau bikin pbrik di Indonesia? Dan nomor ini kemungkinan bisa lebih. Jadi kelak Apple senang, kita (masyarakat Indonesia) juga senang," dia memungkaskan.

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6