Google Cloud Ungkap Deretan Layanan Andalan di 2024 dan Peran AI yang Makin Masif

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Google Cloud telah memperkenalkan sejumlah jasa jagoan dalam event Google Cloud Next 2024. Salah satunya nan terus ditingkatkan kemampuannya adalah Vertex AI.

Sebagai informasi, Vertex AI merupakan platform nan ditujukan bagi organisasi mengembangkan sekaligus meluncurkan jasa AI mereka sendiri. Platform ini diperkenalkan pertama kali pada 2021.

Director of Product Management Vertex AI Google Nenshad Bardoliwalla menuturkan, ada empat perihal krusial nan diperkenalkan Vertex AI dalam event Google Cloud Next tahun ini. Pertama, ada infastruktur.

Dijelaskan, pengguna Google Cloud saat ini bisa memilih antara prasarana nan Google tawarkan dalam perihal machine learning, alias GPU dari NVIDIA. Selain itu, perihal lain nan juga ditingkatkan adalah kehadiran AI generatif.

Setelah 2023 menjadi waktunya penelitian bagi pengembangan AI generatif, sekarang Google Cloud meningkatkan layanannya dengan memperkenalkan keahlian prompt management nan baru.

"Jadi, kami memperkenalkan keahlian prompt management nan baru untuk memudahkan pengguna mengatur beragam jenis prompt mereka nan berbeda-beda," tutur Nenshad pada Tekno Liputan6.com saat event Google Cloud Next 2024.

Selain itu, di Next tahun ini, Google juga memperkenalkan preview Gemini 1.5 Pro. Nenshad mengklaim, ini merupakan model terdepan dalam industri lantaran mendukung pengguna untuk memasukkan hingga 1 juta token, dan sepenuhnya multi-modal.

"Anda bisa secara berbarengan memasukkan info ke Gemini, mulai dari dokumen, gambar, video, audio, lampau meminta Gemini untuk mengolah empat model berbeda itu. Ini sangat luar biasa," ujarnya.

Terobosan lain nan juga diperkenalkan Google kali ini adalah agent builder. Menurut Nenshad, pengguna bisa memanfaatkan agent builder untuk membangun peran asisten secara spesifik untuk membantu mereka meraih hasil nan diinginkan.

"Agent bisa membantu saya untuk membikin kampanye pemasaran, membantu membikin untung karyawan, alias membantu membeli set pakaian," ucapnya. Ia menyebut agent ini bakal mempunyai keahlian nan lebih mumpuni dibandingkan chatbot tradisional.

Sebagai informasi, agen merupakan entitas pandai nan bisa melakukan sejumlah tindakan untuk membantu penggunanya mencapai tujuan spesifik. 

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6