Apple Gelar Acara "Let Loose" 7 Mei 2024: iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil Baru Menanti!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah menyebar undangan untuk peluncuran produk baru mereka, dan menjadi event pertama perusahaan di tahun 2024.

Apple event bertema 'Let Loose' ini rencana bakal digelar pada 7 Mei 2024, dan disiarkan secara online jam 07.00 waktu setempat alias 21.00 WIB.

Bagi fans Apple nan mau menonton aktivitas ini, Anda dapat ikutan secara live di YouTube alias aplikasi Apple TV.

Lalu produk apa nan bakal diumumkan pada Apple "Let Loose" ini? Walau perusahaan berbasis di Cupertino itu tidak mengungkap langsung, dari udangan dibagikan bisa ditebak perangkat apa.

Berdasarkan undangan nan beredar, animasi tangan memutar-mutar barang mengisyaratkan kehadiran Apple Pencil baru dan juga model iPad teranyar.

Rumor beredar kencang menyebutkan, model baru iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil bakal debut dalam aktivitas pada bulan Mei 2024 tersebut.

Mengutip GSM Arena, Rabu (24/4/2024), perusahaan bakal menggunakan panel OLED untuk seri iPad Pro dan mempunyai ukuran 13 inci dan 11 inci.

Selain itu, Apple juga bakal mengumumkan dua iPad Air dengan ukuran panel layar Mini LED berukuran 12.9 inci dan 10.9 inci.

Disebutkan, tablet baru Apple ini bakal ditenagai oleh chipset Apple M3 dan didukung dengan Magic Keyboard generasi terkini.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Apple Tambah Komponen Buatan Tiongkok untuk Rantai Pasokan iPhone

 Apple)

Rantai pasokan Apple sejak lama dikaitkan dengan Tiongkok. Meski demikian, Apple telah melakukan beragam upaya untuk memindahkan rantai pasokan ke negara-negara lain.

Pemindahan rantai pasokan ke negara-negara lain di luar Tiongkok ini dilakukan agar Apple tak terlalu berjuntai kepada Tiongkok. Apalagi, saat ini hubungan politik antara Tiongkok dengan Amerika Serikat terus memanas.

 Sayangnya, bagi perusahaan seperti Apple ada kesulitan jika kudu memutus hubungan dengan Tiongkok dalam perihal rantai pasokan produk Apple termasuk iPhone.

Hal ini lantaran Tiongkok tak hanya memproduksi produk dengan biaya lebih murah, tetapi juga mempunyai banyak tenaga kerja nan dibutuhkan untuk mencapai sasaran produksi.

8 Merek Tiongkok di Rantai Pasokan

Apple iPad Air (Dok. Apple)

Belum lama ini, Apple mengumumkan daftar rantai pasokan iPhone untuk tahun fiskal 2023. Pengumuman perusahaan tersebut mengungkap, merek-merek komponen Tiongkok tak bakal segera meninggalkan rantai pasokan Apple.

Mengutip Gizchina, Selalu (23/4/2024), Apple telah menambahkan delapan merek Tiongkok baru ke daftar rantai pasokannya. Adapun merek komponen tersebut antara lain adalah:

Jiuquan Iron and SteelSinopec Weiye TechnologyKaicheng TechnologySanan OptoelectronicsBoshuo TechnologyTony ElectronicsZhenghe GroupApple juga mengeluarkan empat merek Tiongkok lainnya dari daftar. Merek-merek nan dihapus dari daftar tersebut adalah:

Jiangsu Jingyan TechnologyMeiyingsen GroupShenzhen Derun ElectronicsYishi.

Tiongkok Banyak Pemasok Komponen Buat Apple

 Apple)

Bagi Apple, Tiongkok memang menjadi pemain krusial dalam rantai pasokan Apple selama bertahun-tahun. Perusahaan pembesut komponen Tiongkok telah menyumbang 42 persen dari produksi tahunan Apple.

Dominasi ini terjadi lantaran beberapa faktor, mulai dari prasarana industri Tiongkok nan masif, keberadaan tenaga kerja dalam jumlah besar, terjangkau dan terampil, biaya produksi nan rendah, serta keahlian produsen Tiongkok untuk mengotomatisasi lini produksi.

Kendati demikian, perang jual beli antara Amerika Serikat-Tiongkok nan tengah berjalan dan kenaikan biaya tenaga kerja di Tiongkok mendorong Apple untuk melakukan diversifikasi dalam rantai pasokannya.

Sekadar informasi, Apple meningkatkan jumlah pemasoknya dari Tiongkok, menjadi 51 pemasok pada 2020. Jumlah ini naik dari 2018 nan sebesar 42 persen. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6