Waspada! Cheat Game Palsu Menyebar Malware, Data Pribadi Gamer Terancam

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, hacker menyebarkan sebuah malware pencuri info mengenai dengan Redline dengan menyamarkannya sebagai cheat gamer berjulukan 'Cheat Lab'.

Malware berkedok cheat gamer tersebut menjanjikan unduhan game cuma-cuma jika korban dapat meyakinkan kawan mereka untuk menginstalnya, sebagaimana dikutip dari laporan McAfee via Bleeping Computer, Senin (22/4/2024).

Peneliti keamanan siber di McAfee menjelaskan, Redline adalah malware pencuri info berkekuatan mencuri info pribadi korban dari komputer terinfeksi.

Dalam aksinya, Redline dapat mencuri info kata sandi, cookie, info autofill, dan info dompet mata duit kripto.

Dikalangan penjahat siber alias hacker, malware Redline ini sudah sangat terkenal dan disebarkan secara masif ke seluruh bumi dengan beragam cara.

Peneliti ancaman McAfee melaporkan, pencuri informasi baru ini memanfaatkan bytecode Lua untuk menghindari penemuan dan menyusup ke dalam proses sah secara diam-diam dan juga memanfaatkan keahlian kompilasi Just-In-Time (JIT).

Payload Redline meniru demo tool cheat disebut "Cheat Lab" dan "Cheater Pro" melalui URL ditautkan ke repositori GitHub 'vcpkg' Microsoft.

Malware ini didistribusikan sebagai file ZIP berisi penginstal MSI nan membongkar dua file, compiler.exe dan lua51.dll, saat diluncurkan dan menjatuhkan file 'readme.txt' berisi bytecode Lua berbahaya.

Kampanye ini menggunakan daya tarik menarik untuk mendistribusikan malware Redline lebih lanjut dengan memberi tahu korban, mereka bisa mendapatkan salinan program curang cuma-cuma dan berlisensi penuh jika mereka meyakinkan teman-temannya untuk menginstalnya juga.

"Untuk membuka kunci jenis lengkap, cukup bagikan program ini dengan kawan Anda. Setelah Anda melakukannya, program bakal terbuka secara otomatis," demikian bunyi perintah instalasi buatan peretas.

Untuk menghindari, gamer disarankan untuk menghindari program executable tidak resmi dan file diunduh dari situs web tidak tepercaya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6