Siap Lawan Google dan Samsung, Xiaomi Bakal Hadirkan Fitur AI di Flagship Xiaomi 14

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi tampaknya bakal serius dalam menghadirkan fitur AI ke ponsel andalannya, Xiaomi 14.

Setelah beberapa pabrikan smartphone mulai menghadirkan fitur kepintaran buatan (AI) ke ponsel rilisannya, seperti Samsung dengan Galaxy AI di lini flagshipnya dan Google dengan fitur Gemini AI di ponsel Google Pixel, sekarang Xiaomi bakal mengintegrasikan fitur AI ke dalam ponsel besutannya.

Menurut laporan dari Gizmochina, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Selasa (23/4/2024), perusahaan asal China itu dilaporakan telah melakukan pengetesan fitur AI untuk lini Xiaomi 14, termasuk Xiaomi 14 reguler, Xiaomi 14 Pro, dan Xiaomi 14 Ultra.

Laporan dari Gizmochina juga mengungkapkan menguji fitur tersebut dinamai “AI Treasure Chest”.

Fitur AI ini disebut sebagai kumpulan dari ratusan fitur AI nan dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna jejeran Xiaomi 14.

Rangkaian AI nan diklaim dilaporkan menyertakan fitur “AI Surprise Wallpaper”, nan dapat membikin walpaper dengan support AI.

Dilaporlan pengetesan internal nan dilakukan Xiaomi berjalan antara 18 April dan 2 Agustus.

Dengan fitur AI nan sekarang tengah dikembangkan, Xiaomi berambisi untuk memberikan solusi AI bagi pengguna Xiaomi 14 dengan mengintegrasikan fitur-fitur AI nan bisa digunakan untuk membantu produktivitas.

Xiaomi memamerkan mobil listrik pertamanya, SU7, di arena Mobile World Congress 2024 di Fira Gran Via, Barcelona Spanyol, Senin (26/2/2024).

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Xiaomi Bakal Bikin HP Layar Lipat Mix Flip

Tak hanya mengembangkan AI, dikabarkan Xiaomi juga bakal merilis ponsel layar lipat terbaru mereka, Xiaomi Mix Flip.

Kehadiran HP layar lipat ini disebut sebagai langkah Xiaomi untuk bersaing di kategori HP layar lipat. Seperti diketahui, sejumlah brand HP Android saat ini sudah mulai banyak nan merilis HP layar lipat.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, info soal HP layar lipat ini diketahui dari kode nan ada di HyperOS.

Disebutkan, di UI terbaru Xiaomi itu ada sejumlah spesifikasi nan diduga mengenai dengan perangkat dengan nama kode Ruyi. Adapun Ruyi diyakini sebagai nama kode untuk Xiaomi Mix Flip.

Berdasarkan kode sumber nan ditemukan, HP lipat Xiaomi ini disebut mengusung kamera utama 50MP Omnivision OVX 8000 dengan ukuran sensor 1/1.55-inch.

Ada pula kamera telephoto beresolusi 60MP nan memakai sensor Omnivision OV60A dengan ukuran 1/2.61-inch. Untuk kamera depan, HP layar lipat ini mempunyai sensor 32MP.

Masih belum ada info lebih lanjut mengenai kesiapan kamera ultrawide di ponsel ini.

Dari spesifikasi nan beredar, ada kemungkinan Xiaomi Mix Flip ditujukan untuk bersaing dengan Galaxy Z Flip 6 dalam perihal fotografi terutama keahlian zoom.

Alasannya, dari sejumlah bocoran, Samsung diperkirakan tidak bakal membawa kamera tele ke smartphone layar lipat mereka tersebut. 

Spesifikasi lain Xiaomi Mix Flip

Laporan itu juga menyebut kalau Xiaomi Mix Flip bakal mempunyai layar cover di bawah kamera belakang. Layar tersebut digunakan untuk notifikasi dan selfie dengan kamera belakang.

Lebih lanjut, HP lipat Xiaomi itu bakal menggunakan layar lipat beresolusi 1,5K. Layar tersebut menjadi kelebihan dibandingkan dengan smartphone lipat lain, nan biasanya menggunakan resolusi 1080p.

Selain itu, smartphone ini juga disebut memiliki nomor model 2405CPX3DG dan 2405CPX3DC. Merujuk nomor model itu, ada kemungkinan HP layar lipat bakal rilis di bulan Mei alias Juni.

Menurut laporan tersebut, nomor 2405 di nomor model tersebut merujuk pada Mei 2024.

3.000 Unit Xiaomi 14 Ludes di Penjualan Perdana

Di sisi lain, ponsel flagship Xiaomi 14 nan dijual resmi di Indonesia mendapatkan antusias dari pengguna. Terbukti dengan penjualan ponsel tersebut nan terjual lebih dari 3000 unit.

"Xiaomi 14 mencatat pencapaian nan luar biasa pada momen penjualan perdana. Dalam waktu satu hari, lebih dari 3.000 unit Xiaomi 14 telah terjual, mencerminkan antusiasme nan luar biasa dari masyarakat Indonesia terhadap produk ini," kata pihak Xiaomi Indonesia.

Xiaomi pun menyatakan pihaknya bakal berupaya memenuhi angan dan kebutuhan konsumen dengan produk inovatif.

"Dengan keberhasilan penjualan perdana Xiaomi 14, kami semakin termotivasi untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di Indonesia," kata Xiaomi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6