Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Lihat Kontak yang Baru Saja Online

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - WA tengah mengerjakan fitur baru untuk memberikan info mengenai kontak nan baru saja online.

Untuk mengukuhkan posisi WA sebagai aplikasi perpesanan nomor satu, aplikasi ini terus mengembangkan fitur-fitur terbaru nan dapat menghubungkan pengguna ke lebih banyak orang.

Terkini, WA mengembangkan fitur baru di mana pengguna mendapatkan saran berupa kontak nan belum pernah dihubungi melalui platform perpesanan ini.

Diharapkan, fitur ini bisa menghubungkan pengguna WhatsApp ke lebih banyak orang, sekaligus menjaga hubungan baik dengan kontak nan tersimpan di ponsel.

Dikutip dari Android Authority, Jumat (19/4/2024), situs leaker WABetaInfo telah memantau beberapa fitur dalam rilis beta WA nan bakal membantu percakapan secara proaktif.

Contohnya, WA sekarang mengembangkan fitur nan memberikan saran berupa beberapa kontak nan belum pernah dihubungi untuk diajak ngobrol.

Daftar baru di bagian bawah daftar chat utama bakal menyarankan beberapa nomor nan belum pernah dihubungi melalui aplikasi WhatsApp nan bisa mereka ajak ngobrol.

Fitur ini bisa mengarahkan pengguna untuk berbincang dengan orang nan belum pernah mereka ajak bicara sebelumnya di aplikasi buatan Meta ini.

WABetaInfo juga menemukan bahwa aplikasi tersebut dapat mencantumkan kontak online terbaru.

Saat pengguna WA masuk ke daftar kontak untuk menambahkan orang ke panggilan, mereka bakal memandang beberapa rekomendasi kontak nan sedang online, nan belum pernah berinteraksi di WhatsApp.

WhatsApp merilis enkripsi end-to-end untuk backup chat. Pesan dan konten pengguna Whatsapp dicadangkan ke cloud bakal mendapatkan perlindungan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

WhatsApp Siapkan Fitur Mention di Update Status WA

WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru nan membikin komunikasi lebih mudah dan menyenangkan. 

Baru-baru ini, WhatsApp tengah melakukan uji coba fitur nan dapat menunjukkan unggahan status kontak nan tersimpan melalui notifikasi.

Fitur ini tersedia di WA jenis 2.24.6.19 dan dikenal dengan julukan "Mention". Dengan fitur ini, pengguna dapat menandai kontak nan tersimpan dalam pembaruan status WA dan memberikan pemberitahuan melalui notifikasi.

Menurut laporan dari Gizmochina, situs leaker fitur WA (WABetaInfo), baru-baru ini menemukan tangkapan layar nan menunjukkan bahwa aplikasi sedang menguji notifikasi untuk pembaruan status nan tidak terlihat.

Fitur ini menawarkan dua metode notifikasi, ialah pemberitahuan selektif dan notifikasi kontekstual.

Pemberitahuan selektif memungkinkan pengguna untuk menandai kontak favorit dan memastikan mereka menerima pemberitahuan setiap kali kontak tersebut memposting pembaruan status baru.

Sedangkan notifikasi kontekstual memungkinkan WA mengirimkan pemberitahuan berasas pola hubungan pengguna dalam aplikasi, seperti pembaruan status dari orang nan paling sering dihubungi.

Tampilan WA di Android Berubah

Di sisi lain, WA telah mengubah tampilan antarmuka pengguna (UI) di perangkat Android untuk meningkatkan pengalaman penggunaannya.

Perubahan ini bermaksud untuk memudahkan pengoperasian dengan satu tangan. Menurut GSM Arena, perubahan kreasi WA ini terutama terlihat pada posisi tab nan ditampilkan di aplikasi.

Sebelumnya, tab menu berada di bagian atas, tetapi sekarang telah dipindahkan ke bagian bawah. WA mengumumkan perubahan ini melalui akun resmi media sosialnya dengan menyatakan, "Temui perangkat navigasi baru kamu, lebih dekat dengan ibu jarimu dan nyaman dipandang."

Selain itu, susunan tab menu pada aplikasi WA di Android juga mengalami perubahan. Sekarang, pengguna bakal menemukan tab Chats, Updates, Communities, dan Calls.

Tab Updates menggantikan tab Status nan sebelumnya ada. WA juga menambahkan ikon di setiap tab, nan merupakan perubahan dari sebelumnya di mana ikon hanya tersedia di tab Communities.

WhatsApp Siapkan Fitur Editor Gambar Berbasis AI

Aplikasi perpesanan buatan Meta tidak hanya mengubah tampilan antarmuka, tetapi juga sedang mengembangkan fitur penyuntingan gambar menggunakan penyunting foto berbasis kepintaran buatan (AI).

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah latar belakang gambar, style foto, alias memperluas foto menggunakan AI.

Fitur tersebut bakal dirilis kepada pengguna dalam waktu dekat. Selain itu, perusahaan juga sedang mengembangkan fitur nan memungkinkan pengguna untuk mengusulkan pertanyaan langsung ke jasa "Meta AI" melalui bilah pencarian WhatsApp.

Menurut laporan WABetaInfo, pembaruan WA beta jenis 2.24.7.13 untuk Android mengandung kode untuk fitur penyuntingan gambar dengan support AI. Saat ini, fitur tersebut belum dapat diuji oleh pengguna nan telah mendaftar untuk jenis beta aplikasi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6