Alarm di iPhone Tak Menyala, Apple Segera Lakukan Perbaikan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan sirine nan dipasang di perangkatnya tak bersuara padahal sudah diaktifkan. Apple pun telah mengetahui masalah ini.

Perusahaan teknologi nan bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat ini pun kabarnya melakukan langkah sigap untuk memperbaiki masalah sirine iPhone tak bersuara ini. Demikian dikutip dari BBC, Kamis (2/5/2024).

Pasalnya, bagi banyak orang, ponsel merupakan langkah untuk membangunkan mereka lantaran fitur alarmnya.

Sebelumnya seorang TikToker mengeluh jika dia mengaktifkan setidaknya lima alarm iPhone tetapi tak ada nan berbunyi.

Pengalaman Tekno Liputan6.com, beberapa hari terakhir sirine nan kami pasang pukul 05.00 pagi di iPhone 12, namun tak pernah bersuara pada waktunya hingga menimbulkan kesiangan.

Apple mengonfirmasi mereka telah menyadari masalah ini, sayangnya perusahaan belum menjelaskan apa penyebabnya alias apa nan bisa dilakukan pengguna untuk menghindari keterlambatan lantaran sirine tak berbunyi.

Belum jelas juga berapa banyak pengguna iPhone nan terpengaruh masalah ini alias hanya terbatas pada model iPhone tertentu.

Baterai iPhone bisa mempunyai usia lebih panjang dalam pemaikaiannya dengan melakukan sejumlah tips berikut.*Ilustrasi visual dan audio konten video ini diolah dan dihasilkan oleh teknologi AI.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Terjadi di iPhone X alias nan Lebih Baru

Sebelum ada perbaikan resmi dari Apple, mereka nan kebablasan tidur lantaran masalah sirine tak bersuara ini bisa mencoba beberapa solusi sederhana.

Salah satunya untuk mencegah human error, ialah dengan memeriksa ulang pengaturan sirine dan memastikan volume telepon telah diatur.

Meski begitu, ada sejumlah orang nan menyalahkan para desainer Apple dan menyebut jika ini terjadi lantaran keanehan fitur "perhatian otomatis iPhone" nan jadi penyebabnya.

Fitur perhatian otomatis iPhone ini tersedia di iPhone X alias nan lebih baru, iPad Pro 11 inci, dan iPhone Pro 12,9 inci.

Beberapa pengguna TikTok pun menduga, jika wajah pengguna nan tengah tertidur menghadap layar iPhone di samping tempat tidur, pada pengaturan telepon fitur-fitur tersebut dapat diaktifkan dan sirine bisa tak bersuara sendiri.

Peringatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Sebelumnya, Apple, perusahaan pembesut iPhone, mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone. Peringatan ini mengenai dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya. 

Apple meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman namalain Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

 Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, lantaran rupanya kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa akibat jelek bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, Senin (29/4/2024), dalam pedoman resmi nan dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas alias overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh lantaran itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melampaui 80 persen kapabilitas baterai.

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan charger pihak ketiga nan tidak resmi.

Hal ini karena charger yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan dapat merusak baterai serta perangkat iPhone.

Apple merekomendasikan penggunaan charger resmi nan telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

Ngecas Semalaman Bikin Performa Baterai Turun

Menurut Apple, mengisi daya iPhone semalaman juga dapat mempengaruhi performa baterai.

Baterai nan terlalu sering diisi daya secara berlebihan dapat mengalami degradasi nan lebih cepat.

Ini berfaedah bahwa baterai bakal kehilangan kapasitasnya seiring berjalannya waktu, dan pengguna bakal mengalami penurunan daya tahan baterai nan signifikan.

Untuk menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur perangkat, Apple merekomendasikan beberapa langkah nan dapat diambil oleh pengguna iPhone.

Tips isi daya iPhone dari Apple:

Mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan dan tidak melampaui 80 persen kapabilitas baterai.Menggunakan charger resmi nan telah diuji dan disetujui oleh Apple.Menghindari penggunaan charger pihak ketiga nan tidak resmi.Menjaga suhu perangkat agar tetap stabil, terutama saat penggunaan intensif alias saat mengisi daya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berbincang berbareng mantan Perdana Menteri Inggris nan juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6