Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap, Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran iPhone 16 series semakin ramai di internet, dengan bocoran terbaru dari produsen casing untuk ponsel milik Apple itu.

Dummy iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max mengonfirmasi dua rumor saat ini, ialah kamera vertikal di lini iPhone 16.

Tak hanya itu, terungkap juga tombol baru di samping bodi ponsel milik Apple tersebut. Walau banyak prediksi dan dugaan, bocoran terkini menyingkap tabir misteri Capture Button di iPhone baru itu.

Berdasarkan bocoran info nan dibagikan oleh Sonny Dickson, terlihat casing untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Pro Max ini mempunyai lubang di sisi kanan bodi ponsel untuk Capture Button.

Walau tata letak lensa kamera iPhone 16 sudah diprediksi, potongan untuk tombol mengaktifkan aplikasi kamera iPhone 16 ini memang tetap menjadi misteri bagi banyak orang.

Alih-alih tertutup oleh casing seperti Action Button di lini iPhone 15 Pro dan Pro Max, dan kudu diklik untuk digunakan, tombol di iPhone baru Apple ini hanya perlu disentuh saja.

Mengutip Phone Arena, Selasa (23/4/2024), Apple dilaporkan telah bereksperimen dengan tombol daya dan volume kapasitif untuk iPhone beberapa tahun belakangan ini.

Sayangnya, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut memilih membatalkan proyek tersebut lantaran terlalu berisiko dan susah untuk dilakukan.

Akhirnya, perusahaan memutuskan untuk menerapkan tombol kapasitif baru dengan sensitivitas sentuhan di bawah tombol power. Rumor mengatakan, tombol tersebut bakal diberi nama Capture Button.

Sesuai dengan namanya, tombol ini berfaedah untuk membuka aplikasi kamera di iPhone tanpa kudu masuk ke dalam menu HP Apple seperti saat ini.

Lalu kenapa Apple membikin tombol kapasitif peka terhadap tekanan? Kemungkinan, ini berasosiasi dengan mode pengambilan foto alias perekaman video, alias kontrol zoom.

Disebutkan, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bakal menggunakan kamera Tetraprisma buatan Apple sendiri.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kamera iPhone 16 Pro Bakal Punya Coating Lensa Baru

Informasi mengenai iPhone 16 nan semestinya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Rumor mengenai spesifikasi dan agenda rilis dari lini iPhone 16 makin meluas. Terbaru, ponsel dari Apple ini dikabarkan bakal menggunakan lapisan lensa baru.

Mengutip Gizchina, Jumat (19/4/2024), lapisan kamera nan baru ini memberikan kualitas foto lebih optimal dari generasi sebelumnya.

Bocoran dari leaker Yeux1122 di platform Naver menyebut Apple menggunakan teknologi Atomic Layer Deposition (ALD) di varian iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Teknologi ini bakal menciptakan lapisan ultra tipis pada lensa. Lapisan nan dihasilkan bakal mempunyai ketebalan hanya beberapa nanometer dan dapat diaplikasikan secara presisi. Lapisan sangat tipis ini jauh lebih rata dan mempunyai pengendapan seragam.

Dengan lapisan tipis dan seragam, Apple menargetkan hasil foto dengan flare lensa dan ghosting yang minimal. Flare atau suar lensa adalah pantulan nan tidak diinginkan antara lapisan kaca di dalam lensa.

Sedangkan pada ghosting, komponen terang pada gambar bisa tampak terduplikasi. Kedua masalah ini merupakan problem besar di sektor kamera ponsel.

Namun dengan lapisan terbaru ini, Apple dapat mengurangi sinar suar dan ghosting yang masuk ke lensa. Teknologi ALD juga digunakan oleh produsen mobil pada kendaraan listrik untuk kontrol jalur nan akurat.

Meski begitu, menurut bocoran dari Yeux1122, teknologi ALD eksklusif untuk model HP iPhone 16 Pro.

iPhone 16 Pro Hadir dengan Frame Titanium dan Desain Glossy

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Terdapat laporan baru nan menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro bakal menggunakan bahan Titanium unntuk sisi bodi smartphone.

Bedanya, iPhone 16 Pro frame bodi ponsel baru Apple ini bakal terlihat lebih glossy dan lembut dari model iPhone 15 Pro saat ini.

Mengutip keterangan yeux112 di Naver via GSM Arena, desain iPhone 16 Pro ini dapat dicapai melalui peningkatan pemrosesan material dan pemrosesan warna.

Leaker ini juga mengatakan, bingkai di HP Apple itu tidak sepenuhnya terbuat dari bahan anti gores, dan mungkin bakal sedikit mengecewakan bagi sebagian pengguna.

Akan tetapi perihal ini tidak bakal menghentikan pengguna untuk membeli iPhone baru ini, nan bakal datang dalam pilihan warna Space Black dan Rose baru selain putih dan abu-abu.

Bocoran lain menyebutkan, bezel iPhone 16 series akan lebih tipis, tata letak kamera vertikal, dan baterai berkapasitas lebih besar.

Selain itu, rumor menyebut warna lawas tidakhadir di lini iPhone 15 Pro dan kembali datang adalah warna Rose.

Dalam kasus iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, warna Rose ini bakal tampil emas dengan lebih kekuningan daripada warna emas merah seperti iPhone sebelumnya.

Warna Lawas Kembali Hadir di iPhone 16 Pro dan Pro Max

 The Information

Sementara itu, lini iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max bakal datang dengan warna nan sama seperti seri terdahulu. 

iPhone baru Apple itu bakal datang dengan pilihan warna Space Black, White, Grey, dan Rose.

Ini bukan pertama kalinya sebuarh rumor menyatakan, warna iPhone 16 Pro bakal berbeda dari tahun lalu. Sebelumnya, ponsel ini bakal datang dengan pilihan warna Desert Yellow.

Jika Apple mengikuti ritme rilis biasanya, kita dapat memperkirakan perusahaan bakal mengumumkan iPhone baru dalam beberapa minggu pertama bulan September.

Setelah itu, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut bakal menjual ponsel barunya sekitar 10 hari kemudian.

Model-model baru ini diharapkan bakal diluncurkan berbarengan dengan model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus baru.

Apple iPhone 16 Segera Rilis

 Apple</p>

Di sisi lain, menurut wartawan Bloomberg Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Kamis (28/3/2024), iPhone 16 bakal mempunyai tombol baru nan disebut sebagai Capture Button.

Diperkirakan, tombol tersebut bakal muncul di sisi kanan perangkat. Menurut informasi, Capture Button bisa digunakan untuk memotret ataupun merekam video.

Laporan juga menyebut, tombol di iPhone terbaru ini bisa merespons berasas keras alias tidaknya tekanan nan diberikan.

Sebagai contoh, andaikan menekan tombol secara ringan bakal mengatur kamera untuk konsentrasi pada objek, sedangkan, ketika menekan tombolnya lebih keras, iPhone bakal mengambil gambar alias mulai merekam.

Disebutkan juga, pengguna dapat menggeser tombol tersebut ke kiri alias kanan untuk memperbesar alias memperkecil zoom.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6