iPad Air 2024 Segera Rilis, Bakal Usung Layar Mirip iPad Pro

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai iPad Air semakin banyak beredar, seiring dengan agenda perilisannya nan kian dekat.

Baru-baru ini, dikabarkan bahwa iPad Air bakal menghadirkan ukuran nan lebih besar, serta menggunakan teknologi layar lebih canggih.

Analis suplai komponan Ross Young mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari CNET, Selasa (23/4/2024), bahwa Apple sedang mempersiapkan lini iPad Air dengan ukuran nan lebih besar, ialah 12,9 inch.

Ross Young juga melaporkan iPad Air generasi baru itu bakal menggunakan jenis panel nan sama dengan nan saat ini dipakai di iPad Pro 12,9 inch.

Layar nan selama ini digunakan oleh iPad Pro 12,9 inch tersebut merupakan panel Liquid Retina XDR nan dikembangkan oleh Apple.

Panel tersebut menggunakan teknologi mini-LED nan menghadirkan kontras lebih baik daripada layar LCD nan digunakan oleh lini iPad nan lebih terjangkau.

Teknologi mini-LED juga dipakai Apple pada monitor terbaiknya, Pro Display XDR nan mempunyai banderol nilai USD 4,999 (sekitar Rp 81 juta).

Meski menggunakan teknologi layar nan lebih canggih, iPad Air 12,9 inch dikabarkan bakal mempunyai banderol nilai nan lebih murah daripada iPad Pro.

Tak hanya itu, Apple juga dikabarkan bakal merilis iPad Pro dengan teknologi layar OLED. Perusahaan tersebut dirumorkan bakal menggunakan panel OLED untuk lini iPad Pro.

Layar OLED sendiri mempunyai efisiensi daya nan lebih baik, dan menghadirkan warna hitam nan lebih pekat serta warna lebih cerah.

Apple meluncurkan iPad Pro terbaru berbarengan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac Mini teranyar, dalam aktivitas nan digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

iPad Pro dan iPad Air Terbaru Siap Meluncur pada Mei 2024

Apple berencana untuk merilis dua tablet andalannya, iPad Air dan iPad Pro pada Mei 2024 mendatang.

iPad Pro menjadi tablet Apple nan paling diperbincangkan. Dikutip dari CNET, Senin (1/4/2024), tablet ini diperkirakan bakal mengusung panel bertipe OLED.

Selain itu, iPad ini juga bakal mendapatkan perombakan kreasi di Magic Keyboard, dijanjikan bakal memberikan pengalaman pengetikan nan lebih nyaman.

Tablet ini bakal diperkuat chipset Apple M3, prosesor pertama nan digunakan di seri iPad. Tak hanya iPad Pro, Apple disebut juga bakal menghadirkan iPad Air, tablet produktivitas dengan nilai nan lebih terjangkau.

iPad Air bakal datang dengan chip Apple M2, performa nan dibawa oleh prosesor ini bisa tingkatkan produktivitas pengguna.

Sebelumnya, beberapa analis menyebut bahwa iPad generasi baru bakal diperkenalkan pada Maret 2024.

Kendati demikian, hambatan produksi dan pengembangan software jadi tantangan sehingga peluncuran perlu ditunda.

Beberapa bocoran juga menyebut jika hambatan produksi tetap dialami, maka Apple akan memperkenalkan tablet terbaru mereka di aktivitas WWDC 2024.

Spesifikasi iPad Air dan iPad Pro nan Akan Dirilis Mei 2024

iPad Air dan iPad Pro sama-sama bakal membawa peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya.

Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain menggunakan layar OLED, model iPad Pro baru Apple ini juga sudah dilengkapi dengan chipset M3.

Tak hanya itu, perusahaan juga kabarnya merubah corak Magic Keyboard untuk iPad Pro tersebut sehingga mempunyai trackpad lebih besar.

Sementara untuk iPad Air, tablet baru milik Apple ini bakal menggunakan chipset M2 generasi terkini dan mempunyai dua ukuran layar.

Satu adalah iPad Air versi standar dengan layar 10.9 inci, dan 12.9 inci untuk jenis lainnya. Informasi, lini iPad Pro saat ini tetap menggunakan chipset M2, dan jenis Air hanya pakai M1.

Kabarnya, Apple ingin meluncurkan lini tablet barunya ini pada akhir Maret alias April 2024. Namun, perusahaan tetap memerlukan waktu untuk menyelesaikan OS di iPad tersebut.

Bila memang benar, maka iPad Pro baru ini bakal diluncurkan lebih awal dari arena tahunan Apple, ialah Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024.

Apple Bakal Gelar WWDC 2024

Sementara itu, Apple mengumumkan bakal menggelar konvensi developer tahunan mereka, the Worldwide Developer Conference namalain WWDC 2024.

Adapun gelaran WWDC 2024 dijadwalkan berjalan pada Senin-Jumat 10-14 Juni 2024. Acaranya bakal berjalan di Apple Park pada 10 Juni.

Mengutip Gizchina, pada konvensi developer WWDC 2024 ini, Apple bakal mengungkap sejumlah fitur baru nan menarik serta pembaruan software beragam platform mereka.

Para developer juga bisa mempelajari beragam keahlian dari iOS 18, iPadOS 18, tvOS18, MacOS 15, watchOS 11, dan visionOS 2.

Tentunya perihal tersebut bakal menjadi kesempatan emas bagi developer untuk bisa mengintip apa nan dikerjakan Apple.

Selama aktivitas ini, Apple bakal memamerkan deretan penemuan dan pembaruan terbarunya. Dengan begitu, developer mendapatkan kilas info tentang fitur apa nan bakal datang ke produk-produk Apple.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6