Google Vids, Solusi Buat Video dengan Bantuan AI untuk Pengguna Workspace

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Google Vids menjadi salah satu terobosan nan diperkenalkan Google dalam event Google Cloud Next 2024. Layanan baru ini merupakan fitur baru nan ditujukan untuk para pengguna Google Workspace.

Untuk diketahui, AI menjadi pedoman pengembangan jasa Google Cloud di tahun ini, termasuk Google Vids. Secara garis besar, Google Vids merupakan fitur Workspace berbasis AI nan bisa membantu penggunanya membikin video dengan lebih mudah.

Google Vids didukung dengan Gemini AI nan sudah terintegrasi di jasa Workspace. Dengan fitur ini, pengguna bisa membikin video berasas prompt nan telah mereka buat.

Dijelaskan, Google Vids bisa membantu pengguna untuk membikin video apalagi dari tahap awal, seperti penulisan naskah, produksi, hingga editing.

Menurut Google, Google Vids bisa membantu pengguna membikin video untuk beragam kebutuhan, mulai dari video promosi produk hingga kebutuhan internal perusahaan.

Selain membikin video, VP Product Management Google Workspace Yulie Kwon Kim menuturkan, kelebihan lain nan ditawarkan Google Vids adalah kemudahannya untuk bekerja-sama dengan orang lain.

"Kami membawa kekuatan kerjasama nan ada di Docs, Sheet, serta Slide, dan membawanya ke video untuk kebutuhan bisnis. Hal nan tidak bisa dilakukan oleh software edit video lainnya saat ini," tutur Yulie pada Tekno Liputan6.com di event Google Cloud Next 2024.

Berbekal support kerjasama ini, orang lain bisa memberikan masukan alias komentar, apalagi info alias info tambahan terhadap satu file video nan tengah digarap secara langsung. Jadi, prosesnya bisa dibuat lebih efisien.

Nantinya, menurut Yulie, pengguna bisa memanfaatkan info alias file mereka sendiri untuk dipakai dalam membikin video. Namun, Google juga menyediakan beberapa stok foto, video, maupun audio nan bisa dipakai pengguna.

Menyoal soal kewenangan cipta mengenai konten nan dibuat, Yulie menuturkan, stok konten nan ditawarkan Google sudah memenuhi perihal tersebut. Akan tetapi, jika nantinya pengguna memasukkan konten lain nan mungkin bisa bermasalah, itu di luar kewenangan perusahaan.

Rencananya, Google Vids bakal tersedia untuk pengguna Gemini for Google Workspace. Sebagai awalnya, jasa ini bakal tersedia untuk pengetes Google Workspace Labs di Juni 2024.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6