Desainer Josephine Komara, Christine Hakim hingga CEO XL Axiata Masuk Daftar Forbes 50 Over 50 Asia

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Forbes merilis daftar 50 Over 50 nan mencakup figur wanita berpengaruh dari 14 negara di Asia dan Pasifik, dan lebih dari 20 sektor.

Para figur inspiratif ini mengerahkan pengaruhnya di bagian fesyen, farmasi, keuangan, dan lainnya. Perempuan-perempuan berprestasi ini melakukannya pada usia 54, 68, dan apalagi 112 tahun.

Tahun ini, figur asal Indonesia memasuki daftar tersebut.

Berikut adalah tiga pendiri, CEO, dan inovator asal Indonesia nan memasuki daftar Forbes 50 Over 50 Asia, dikutip dari laman Forbes, Rabu (17/1/2024).

Pendiri-Desainer BINhouse, Josephine Komara

Forbes memuji sosok Josephine Komara nan mempunyai sejarah menenun sutra untuk pelapis, juga seorang desainer keturunan Tionghoa-Indonesia nan mulai memadukan motif batik dengan sutra tenunan tangan.

Josephine Komara membuka showroom BINhouse pertama di Jakarta pada tahun 1986 dan sekarang mempunyai gerai di Jepang, Bali, Singapura dan Belanda, serta reseller dunia lainnya.

Pada tahun 2010, wanita nan kerap disapa Obin itu juga merancang seragam untuk Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional, dan kain panjang karyanya telah dipamerkan di Powerhouse Collection Sydney sejak tahun 2012.

Dipamerkan di panggung Jakarta Fashion Week 2024, kreasi karya Obin telah menghiasi selebriti seperti Oka Antara dan Miss Grand Indonesia 2020.

Aktor, Christine Hakim

Christine Hakim dikenal sebagai Grand Dame sinema Indonesia. Dia merayakan 50 tahun bumi movie pada tahun 2023, dihiasi dengan sembilan Penghargaan Citra dan Festival Film Indonesia (FFI) Lifetime Award pada tahun 2016.

Peran Christine Hakim di perfilman juga termasuk Eat Pray Love (2010), Perempuan Tanah Jahannam (2019), dan penampilan terbarunya di bagian 2 serial HBO The Last of Us (2023).

Selain itu, Christine Hakim juga berkontribusi pada Festival Film Cannes sebagai personil juri dan menjabat sebagai Duta FFI pada tahun 2023. Di luar industri perfilman, Christine Hakim juga menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk UNESCO dari tahun 2008 hingga 2020.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6