Bertemu Menlu Wang Yi, Jokowi Minta China Kebut Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam pertemuan ini, Jokowi mau China menbicarakan kerja sama sektor transportasi, petrokimia dan ketahanan pangan.

Poin krusial nan diminta Presiden Jokowi di awal adalah meminta China membantu pembangunan moda transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

“Bapak Presiden (Jokowi) mendorong kerja sama pembangunan di IKN termasuk untuk moda transportasi,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dikutip dari Antara, Kamis (18/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno ikut mendampingi Presiden Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mendiskusikan kelanjutan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi dari China kepada Indonesia. “Perlu percepatan penyelesaian studi kepantasan untuk perpanjangan trase (kereta cepat) hingga ke Surabaya,” tutur Retno.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memprogramkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga Surabaya dengan melewati Yogyakarta.

Melalui kerja sama dengan China, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mendorong China untuk segera merealisasikan investasi untuk industri petrokimia di Kalimantan Utara.

Jokowi dan Wang Yi turut membahas kerja sama untuk menyokong ketahanan pangan kedua negara.

“Ketahanan pangan sangat krusial artinya. Oleh lantaran itu, kerja sama pertanian dua negara krusial untuk ditingkatkan khususnya untuk padi, hortikultura, dan juga durian, dengan salah satunya mempelajari modelling pertanian China,” kata Retno.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6