Yuk Ketahui Mekanisme Pemeriksaan Barang Bawaan Penumpang di Bandara Soetta

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lampau viral seorang calon penumpang pesawat diduga mengalami kekerasan bentuk dari petugas Aviation Security (Avsec) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Kejadian nan viral lewat sebuah video di media sosial itu memperlihatkan keduanya saling bersitegang, lantaran salah satu peralatan bawaan penumpang tersebut tidak diperbolehkan masuk ke kabin pesawat.

Diduga, penumpang tersebut membawa perangkat pancing. Lantas, gimana sebenarnya sistem pemeriksaan peralatan bawaan penumpang sebelum masuk pesawat.

Bandara Soekarno-Hatta dengan tegas selalu berkomitmen untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan, dan memberikan pelayanan nan unggul untuk melayani pengguna jasa di bandara. Tak hanya itu, Bandara Soetta juga memastikan pemenuhan izin nan tinggi guna memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh penumpang pesawat.

Sebagai bagian dari komitmen ini, Bandara Soekarno-Hatta menegaskan bahwa izin mengenai keamanan dan keselamatan penerbangan kudu sepenuhnya ditaati, tanpa toleransi apapun.

Mekanisme Pemeriksaan

Pemeriksaan keamanan nan dilakukan oleh petugas Aviation Security (Avsec), melalui security check point (SCP), menjadi salah satu upaya krusial sebelum penumpang menuju boarding lounge untuk menunggu ke dalam pesawat.

Melalui proses pemeriksaan di security check point, petugas Avsec dapat mendeteksi dan mencegah masuknya barang-barang nan dilarang alias rawan ke dalam area keberangkatan pesawat. Barang-barang nan termasuk senjata, barang tajam, cairan tertentu, dan benda-benda lain nan dapat membahayakan penerbangan.

Selain itu, pemeriksaan keamanan juga bermaksud untuk mencegah akses penumpang nan tidak sah ke area terlarang di airport dan untuk memastikan bahwa semua penumpang mematuhi peraturan keamanan penerbangan nan berlaku. Dengan demikian, security check point merupakan langkah krusial dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan airport dan penerbangan secara keseluruhan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6