Review HP Smart Tank 580: Printer Multifungsi Hemat Biaya untuk Kebutuhan Cetak Tinggi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Printer saat ini rupanya tetap banyak digunakan oleh para pekerja kantoran, pelajar, dan pengusaha mini untuk beragam kebutuhan.

Sejalan dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi printer pun semakin canggih dari tahun ke tahun.

Dulu kita kudu bersusah payah menghubungkan laptop alias PC ke printer, sekarang banyak perusahaan semakin memudahkan pengguna untuk mencetak arsip baik via kabel alias nirkabel.

Salah satu perusahaan tersebut adalah HP. Yup, hari ini tim Tekno Liputan6.com kehadiran sebuah printer nan dapat mencetak arsip dengan mudah dan canggih.

Printer tersebut adalah HP Smart Tank 580. Perusahaan mengklaim, printer ini adalah solusi ideal, multifungsi, dan canggih.

HP Smart Tank 580 sendiri adalah printer terkini dari lini Smart Tank milik HP. Berbeda dari model sebelumnya, printer baru HP ini dijual dengan nilai lebih terjangkau.

Walau lebih murah, bukan berfaedah printer HP ini 'miskin' fitur. Perusahaan justru menyematkan sejumlah fitur nan ada di lini Smart Tank lain.

Penasaran seperti apa, berikut adalah review singkat HP Smart Tank 580.

Desain Modern dan Fungsional

Printer HP Smart Tank 580 tampil dengan kreasi modern dan ramping, cocok untuk ditempatkan di meja kerja di beragam ruangan.

Bodi Smart Tank 580 terbuat dari plastik berbobot tinggi, membuatnya kokoh dan tahan lama.

<p>Printer dapat dikeluarkan dengan sangat mudah berkah kantong plastik dengan pegangan nan sudah disediakan oleh HP. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Pemasangan printer ini terbilang sangat mudah berkah kantong plastik dengan gagang nan HP sertakan, sehingga kami dapat mengeluarkan printer HP dari boks.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mudah Isi Tinta di Printer

<p>HP menyediakan tinta berwarna KCMY di setiap pembelian printer Smart Tank 580. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Walau menawarkan keahlian mencetak arsip secara wireless, HP tetap menyediakan kabel USB-B ke USB-A disertai dengan kabel power, dan botol tinta cair KCMY.

Menariknya, Anda dapat dengan mudah mengecek apakah tinta di masing-masing cartridge sudah mau lenyap alias tetap penuh. Selain itu, pengisian masing-masing tinta juga sekarang lebih mudah.

<p>HP menyediakan port untuk menghubungkan printer ke laptop/PC jika tidak mau mencetak via Wi-Fi atau bluetooth. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Di bagian belakang, terdapat port power dan USB-B jika Anda butuh mencolokkan printer ke laptop alias PC.

Di bagian atas, Anda bakal menemukan sebuah scanner untuk memindai foto, arsip dan tetap banyak lagi. HP juga menyematkan tombol di bagian atas printer, dan bisa dipakai untuk fotokopi hitam putih alias berwarna.

Ada juga LCD mini berfaedah menampilkan beragam parameter, kesalahan, dan lainnya. Anda juga dapat mengetahui apakah printer terhubung dengan Wi-Fi alias tidak.

<p>HP menyediakan tombol intuitif untuk mengetahuk hubungan printer dengan jaringan Wi-Fi, tombol cetak warna alias hitam putih, informasi, melanjutkan proses cetak, dan keahlian untuk mencetak ID/KTP. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Kualitas Cetak Tinggi dan Hemat Biaya

<p>Proses pengisian tinta di HP Smart Tank 580 sangat mudah dan cepat. (Liputan6.com/Yuslianson)</p>

HP Smart Tank 580 bisa mencetak hingga 100 dokumen, di mana baki printer ini bisa menampung maksimal 30 lembar kertas saja.

Dalam perihal mencetak, printer HP ini terbilang sangat sigap saat kami coba pakai untuk mencetak dokumen. Namun, kecepatan ini tergantung dari kualitas dan berapa banyak nan mau dicetak.

<p>HP Smart Tank 580. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

HP sendiri mengatakan, printer ini dapat mencetak hingga 22 laman per menit untuk hitam dan 16 laman per menit saat mencetak arsip berwarna.

Sepanjang pemakaian, klaim tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan kenyataannya. Kami menyadari, tinta hasil cetak di kertas sigap mengering.

Dengan ini, Anda tidak perlu cemas lagi jika tinta di arsip bakal menempel di jari saat mengambil kertas dari printer.

Konektivitas Nirkabel dan Pencetakan Mobile

<p>Pengaturan awal HP Smart Tank 580 dapat dilakukan secara manual alias menggunakan HP Android, iOS, dan lewat PC/laptop). (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi, Anda bisa mencetak arsip di HP Smart Tank 580 dari perangkat smartphone, tablet, alias laptop tanpa perlu terhubung dengan kabel.

Cukup dengan aplikasi HP Smart, seluruh kendali di printer dan akses beragam fitur lain dapat dipakai dengan mudah. Selama review, kami menghubungkan printer ini dengan jaringan Wi-Fi di rumah.

Karena terhubung ke internet, Anda dapat mencetak arsip dari mana saja, baik sedang di instansi alias di jalan sekalipun.

<p>HP menyediakan tombol intuitif untuk mengetahuk hubungan printer dengan jaringan Wi-Fi, tombol cetak warna alias hitam putih, informasi, melanjutkan proses cetak, dan keahlian untuk mencetak ID/KTP. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Untuk kebutuhan scanning, printer ini juga sangat mumpuni. Berbekal aplikasi di perangkat mobile, Anda bisa menyimpan arsip ke dalam beragam format, mulai dari JPEG, PNG, dan lainnya.

Seperti mencetak secara wireless, Ada cuga bisa men-scan dari mana saja. Pastikan ada orang di rumah alias di samping printer untuk meletakkan arsip alias foto di scanner.

Kesimpulan

<p>HP Smart Tank 580 menyediakan bak untuk menampung hasil cetak sehingga tidak 'meluber' dari mesin printer. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Meskipun demikian, banderol nilai Rp 2.735.000 untuk sebuah printer bagi kebanyakan pengguna terbilang jumlah duit besar, terutama jika Anda tidak bakal menggunakannya terlalu sering.

Namun jika Anda sering mencetak dokumen, file, dan lain-lain, baik di rumah alias kantor, maka itu sepadan.

Ditambah, dengan fitur wireless dan bisa mencetak arsip tanpa kudu repot-repot colok via kabel sudah bisa menjadi fitur sepadan dengan biaya tambahannya.

Selain itu, seri HP Smart Tank menggunakan tinta cair dibandingkan tinta jenis kartrid. Hal ini mempermudah pengisian ulang lantaran Anda hanya perlu membeli tinta unik diperlukan. Jadi dalam jangka panjang, Anda bisa berhemat lebih banyak.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berbincang berbareng mantan Perdana Menteri Inggris nan juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6