Kabar Buruk, iPad Air Generasi Baru Bakal Pakai Layar Teknologi Lawas

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal menyelenggarakan aktivitas 'Let loose' pada 7 Mei 2024. Rencananya, perusahaan asal AS ini bakal memperkenalkan beberapa lini iPad, termasuk iPad Air.

Sebelumnya, terdapat rumor mengenai iPad Air bakal menggunakan layar mini-LED. Terbaru, tablet anyar milik Apple ini tidak bakal menggnuakan teknologi panel tersebut.

Analis Panel Ross Young, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Minggu (28/4/2024), mengabarkan jenis iPad Air tetap tetap menggunakan panel LCD seperti seri iPad Air generasi sebelumnya.

Menurutnya, biaya untuk produksi panel mini-LED cukup tinggi, sehingga kemungkinan Apple bakal tetap mempercayai panel LCD untuk digunakan pada iPad Air.

Laporan dari Ross Young juga menyebutkan, Apple bakal memperkenalkan model iPad baru dengan layar mini-LED pada kuartal keempat tahun 2024.

Kendati demikian, model pasti untuk penggunaan layar mini-LED tetap belum ditentukan. Laporan itu memperkirakan panel mini-LED bakal digunakan pada lini iPad Pro jenis terjangkau alias iPad dengan model penamaan baru.

Sebagai informasi, teknologi panel mini-LED menawarkan kontras nan lebih kaya dan area nan betul-betul hitam dibandingkan panel LCD, namun warna gelap nan dihasilkan tidak sepekat layar OLED.

Mini-LED dapat menghasilkan warna nan lebih baik dengan menerangi layar pada piksel LED nan jauh lebih kecil. Apple pertama kali menggunakan panel mini-LED pada iPad Pro 2021.

Nampaknya, Apple tetap belum mau menerapkan teknologi ini ke lebih banyak lini iPad lantaran biaya produksinya nan mahal.

Apple meluncurkan iPad Pro terbaru berbarengan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac Mini teranyar, dalam aktivitas nan digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

iPad Pro dan iPad Air Terbaru Siap Meluncur pada Mei 2024

Apple bakal memperkenalkan tablet terbarunya pada Mei 2024. Perusahaan dikabarkan bakal merilis iPad Pro dan iPad Air di sebuah aktivitas khusus.

iPad Pro menjadi tablet Apple nan paling diperbincangkan. Dikutip dari CNET, tablet ini diperkirakan bakal mengusung panel bertipe OLED.

Selain itu, iPad ini juga bakal mendapatkan perombakan kreasi di Magic Keyboard, dijanjikan bakal memberikan pengalaman pengetikan nan lebih nyaman.

Tablet ini bakal diperkuat chipset Apple M3, prosesor pertama nan digunakan di seri iPad. Tak hanya iPad Pro, Apple disebut juga bakal menghadirkan iPad Air, tablet produktivitas dengan nilai nan lebih terjangkau.

iPad Air bakal datang dengan chip Apple M2, performa nan dibawa oleh prosesor ini bisa tingkatkan produktivitas pengguna.

Sebelumnya, beberapa analis menyebut bahwa iPad generasi baru bakal diperkenalkan pada Maret 2024.

Kendati demikian, hambatan produksi dan pengembangan software jadi tantangan sehingga peluncuran perlu ditunda.

Lini iPad Baru bakal Diperkenalkan di Apple Event 'Let Loose'

Apple bakal memperkenalkan lini iPad terbarunya, termasuk iPad Air dan iPad Pro di aktivitas Apple Event berjudul 'Let Loose' pada 7 Mei 2024 sekitar pukul 21.00 WIB.

Bagi fans Apple yang mau menonton aktivitas ini, Anda dapat ikutan secara live di YouTube alias aplikasi Apple TV.

Lalu produk apa nan bakal diumumkan pada Apple "Let Loose" ini? Walau perusahaan berbasis di Cupertino itu tidak mengungkap langsung, dari udangan dibagikan bisa ditebak perangkat apa.

Berdasarkan undangan nan beredar, animasi tangan memutar-mutar barang mengisyaratkan kehadiran Apple Pencil baru dan juga model iPad teranyar.

Rumor beredar kencang menyebutkan, model baru iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil bakal debut dalam aktivitas pada bulan Mei 2024 tersebut.

Mengutip GSM Arena, perusahaan bakal menggunakan panel OLED untuk seri iPad Pro dan mempunyai ukuran 13 inci dan 11 inci.

Selain itu, Apple juga bakal mengumumkan dua iPad Air dengan ukuran panel layar Mini LED berukuran 12.9 inci dan 10.9 inci.

Disebutkan, tablet baru Apple ini bakal ditenagai oleh chipset Apple M3 dan didukung dengan Magic Keyboard generasi terkini.

8 Merek Tiongkok di Rantai Pasokan

Di sisi lain, Apple mengumumkan daftar rantai pasokan iPhone untuk tahun fiskal 2023. Pengumuman perusahaan tersebut mengungkap, merek-merek komponen Tiongkok tak bakal segera meninggalkan rantai pasokan Apple.

Mengutip Gizchina, Apple telah menambahkan delapan merek Tiongkok baru ke daftar rantai pasokannya. Adapun merek komponen tersebut antara lain adalah:

  • Jiuquan Iron and Steel
  • Sinopec Weiye Technology
  • Kaicheng Technology
  • Sanan Optoelectronics
  • Boshuo Technology
  • Tony Electronics
  • Zhenghe Group

Apple juga mengeluarkan empat merek Tiongkok lainnya dari daftar. Merek-merek nan dihapus dari daftar tersebut adalah:

  • Jiangsu Jingyan Technology
  • Meiyingsen Group
  • Shenzhen Derun Electronics
  • Yishi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berbincang berbareng mantan Perdana Menteri Inggris nan juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6