Ini Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Peluncuran iPad Pro 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal memperkenalkan jejeran iPad baru di aktivitas Appple Event 'Let Loose' pada awal Mei 2024, dan rumor mengenai tablet baru itu makin tersebar luas.

Terbaru, terdapat laporan terkini mengenai spesifikasi nan bakal digunakan di tablet terbaik Apple, iPad Pro.

Menurut laporan dari analis Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (29/4/2024), iPad Pro kemungkinan tidak bakal menggunakan prosessor Apple M3, melainkan bakal langusng menggunakan prosesor terbaru Apple, ialah Apple M4.

Menurut laporan tersebut, penggunaan chipset baru itu menandakan masuknya Apple ke persaingan teknologi AI nan banyak diganderungi oleh perusahaan teknologi saat ini.

“Saya percaya Apple bakal memposisikan tablet ini sebagai perangkat pertamanya nan betul-betul didukung AI – dan sejak saat itu Apple bakal menggembar-gemborkan setiap produk barunya sebagai perangkat AI,” tulis Gurman.

iPad Pro 2024 generasi baru ini bakal diluncurkan di acara Apple Event Let Loose pada 7 Mei 2024, pukul 07.00 waktu setempat alias 21.00 WIB.

Di aktivitas tersebut, Apple dirumorkan juga bakal memperkenalkan iPad Air terbaru dan aksesoris iPad nan diperbarui seperti Magic Keyboard dan Apple Pencil. Laporan terkini menunjukkan bahwa Apple Pencil bakal menghadirkan fitur Haptic Feedback.

Acara berjudul 'Let Loose' nan bakal diselenggarakan Apple ini bakal menjadi langkah awal bagi berusahaan untuk menerapkan kepintaran buatan (AI) secara menyeluruh di event Worldwide Developer Conference (WWDC) pada Juni mendatang.

Apple meluncurkan iPad Pro terbaru berbarengan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac Mini teranyar, dalam aktivitas nan digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Apple Gelar Acara

Apple bakal memperkenalkan lini iPad terbaru pada pagelaran Apple event bertema 'Let Loose' yang bakal digelar pada 7 Mei 2024, dan disiarkan secara online jam 07.00 waktu setempat alias 21.00 WIB.

Bagi fans Apple yang mau menonton aktivitas ini, Anda dapat ikutan secara live di YouTube alias aplikasi Apple TV.

Lalu produk apa nan bakal diumumkan pada Apple "Let Loose" ini? Walau perusahaan berbasis di Cupertino itu tidak mengungkap langsung, dari udangan dibagikan bisa ditebak perangkat apa.

Berdasarkan undangan nan beredar, animasi tangan memutar-mutar barang mengisyaratkan kehadiran Apple Pencil baru dan juga model iPad teranyar.

Rumor beredar kencang menyebutkan, model baru iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil bakal debut dalam aktivitas pada bulan Mei 2024 tersebut.

Mengutip GSM Arena, Rabu (24/4/2024), perusahaan bakal menggunakan panel OLED untuk seri iPad Pro dan mempunyai ukuran 13 inci dan 11 inci.

Selain itu, Apple juga bakal mengumumkan dua iPad Air dengan ukuran panel layar Mini LED berukuran 12.9 inci dan 10.9 inci.

Disebutkan, tablet baru Apple ini bakal ditenagai oleh chipset Apple M3 dan didukung dengan Magic Keyboard generasi terkini.

Apple Tambah Komponen Buatan Tiongkok untuk Rantai Pasokan iPhone

Di sisi lain, Apple bakal menambah jumlah komponen buatan Tiongkok untuk memenuhi rantai pasokan untuk iPhone.

Sejatinya, perusahaan telah melakukan beragam upaya untuk memindahkan rantai pasokan ke negara-negara lain.

Pemindahan rantai pasokan ke negara-negara lain di luar Tiongkok ini dilakukan agar Apple tak terlalu berjuntai kepada Tiongkok. Apalagi, saat ini hubungan politik antara Tiongkok dengan Amerika Serikat terus memanas.

Sayangnya, bagi perusahaan seperti Apple ada kesulitan jika kudu memutus hubungan dengan Tiongkok dalam perihal rantai pasokan produk Apple termasuk iPhone.

Hal ini lantaran Tiongkok tak hanya memproduksi produk dengan biaya lebih murah, tetapi juga mempunyai banyak tenaga kerja nan dibutuhkan untuk mencapai sasaran produksi.

8 Merek Tiongkok di Rantai Pasokan

Belum lama ini, Apple mengumumkan daftar rantai pasokan iPhone untuk tahun fiskal 2023. Pengumuman perusahaan tersebut mengungkap, merek-merek komponen Tiongkok tak bakal segera meninggalkan rantai pasokan Apple.

Mengutip Gizchina, Apple telah menambahkan delapan merek Tiongkok baru ke daftar rantai pasokannya. Adapun merek komponen tersebut antara lain adalah:

  • Jiuquan Iron and Steel
  • Sinopec Weiye Technology
  • Kaicheng Technology
  • Sanan Optoelectronics
  • Boshuo Technology
  • Tony Electronics
  • Zhenghe Group

Apple juga mengeluarkan empat merek Tiongkok lainnya dari daftar. Merek-merek nan dihapus dari daftar tersebut adalah:

  • Jiangsu Jingyan Technology
  • Meiyingsen Group
  • Shenzhen Derun Electronics
  • Yishi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6