Daftar Fitur AI Tersembunyi di Xiaomi 14, Bisa Bikin Foto Makin Estetik

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi 14 mempunyai segudang fitur AI tersembunyi nan dapat membantu dalam proses editing foto.

Flagship jagoan Xiaomi ini menjadi salah satu ponsel dengan kualitas foto terbaik nan ada di pasaran. Kehebatan kamera dari smartphone ini sebagian besar berjuntai pada hardware nan digunakan.

Keunggulan ini bisa membikin Xiaomi bersaing dengan brand smartphone lain nan telah mempunyai fitur AI.

Baik Google dan Samsung telah menggembar-gemborkan fitur AI generatif untuk ponsel jagoan mereka, dan apalagi pabrikan ponsel asal China, OnePlus telah ikut serta dengan fitur penghapus foto berbasis AI.

Dengan fitur AI nan digemborkan oleh ponsel lain, membikin HP Xiaomi 14 terlihat kalah saing dengan smartphone lain nan mengunggulkan AI. Kendati demikian, ponsel ini sebetulnya mempunyai fitur AI, namun fitur tersebut tidak dipromosikan oleh Xiaomi.

Sebagai contoh, Xiaomi telah membenamkan fitur penghapus objek sejak MIUI 9 pada 2017. Fitur AI ini dapat menghapus objek nan dirasa mengganggu estetika dari foto nan Anda jepret.

Terdapat pula fitur pengubah langit nan diluncurkan di MIUI 10 di tahun 2019, nan dapat mengedit langit di foto kamu, serta mengubah pencahayaan dan pengaruh pada foto.

Tak berakhir di situ, di tahun in Xiaomi juga memasukkan fitur AI di HyperOS nan digunakan di Xiaomi 14. Namun, fitur ini tersembunyi sehingga banyak orang nan belum mengetahui fitur ini.

Xiaomi memamerkan robot anjing pandai CyberDog 2 di arena Mobile World Congress 2024 (MWC 2024) di Barcelona, Spanyol.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Fitur AI Tersembunyi Xiaomi 14

Dikutip dari Android Authority, Selasa (30/4/2024), HP flagship Xiaomi ini mempunyai beberapa fitur AI, seperti AI Subtitle nan mengaktifkan transkripsi audio secara real-time saat menonton video.

Terdapat juga AI Album Search, nan memungkinkan pengguna menemukan gambar tertentu dalam koleksi foto mereka menggunakan penjelasan gambar.

Tak hanya itu, terdapat fitur AI Portrait nan dapat mengubah foto nan sudah ada sebelumnya agar foto tersebut menjadi foto portrait dengan bokeh nan disesuaikan.

Terakhir, ada AI Expansion, nan memungkinkan pengguna untuk memperluas gambar dengan AI generatif.

Analis Max Weinbach bisa memunculkan plugin AI Editor dalam aplikasi Galeri Xiaomi dan mencoba fitur AI Expansion.

Laporan dari Android Authority menyebut fitur ini melalui pembaruan aplikasi Gallery nan ada di ROM Hyper OS Uni Eropa terbaru dengan nomor buatan 1.0.5.0.UNAEUXM.

Analis ini menyebut Xiaomi 14 Ultra mempunyai fitur seperti AI Expansion On-device nan dapat memperluas foto tanpa memerlukan hubungan internet untuk mengunggah foto ke pusat server Xiaomi.

Selain itu, terdapat pula fitur Erase di Xiaomi 14 Ultra nan dapat menghapus objek, garis, orang-orang nan dianggap merusak estetika foto.

Berdasarkan laporan, fitur ini tetap belum sempurna, nan menyebabkan Xiaomi tetap belum membahas banyak mengenai fitur AI nan dimiliki oleh Xiaomi 14.

Xiaomi Bakal Bikin HP Layar Lipat Mix Flip

Tak hanya mengembangkan AI, dikabarkan Xiaomi juga bakal merilis ponsel layar lipat terbaru mereka, Xiaomi Mix Flip.

Kehadiran HP layar lipat ini disebut sebagai langkah Xiaomi untuk bersaing di kategori HP layar lipat. Seperti diketahui, sejumlah brand HP Android saat ini sudah mulai banyak nan merilis HP layar lipat.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, info soal HP layar lipat ini diketahui dari kode nan ada di HyperOS.

Disebutkan, di UI terbaru Xiaomi itu ada sejumlah spesifikasi nan diduga mengenai dengan perangkat dengan nama kode Ruyi. Adapun Ruyi diyakini sebagai nama kode untuk Xiaomi Mix Flip.

Berdasarkan kode sumber nan ditemukan, HP lipat Xiaomi ini disebut mengusung kamera utama 50MP Omnivision OVX 8000 dengan ukuran sensor 1/1.55-inch.

Ada pula kamera telephoto beresolusi 60MP nan memakai sensor Omnivision OV60A dengan ukuran 1/2.61-inch. Untuk kamera depan, HP layar lipat ini mempunyai sensor 32MP.

Masih belum ada info lebih lanjut mengenai kesiapan kamera ultrawide di ponsel ini.

Dari spesifikasi nan beredar, ada kemungkinan Xiaomi Mix Flip ditujukan untuk bersaing dengan Galaxy Z Flip 6 dalam perihal fotografi terutama keahlian zoom.

Spesifikasi lain Xiaomi Mix Flip

Laporan itu juga menyebut kalau Xiaomi Mix Flip bakal mempunyai layar cover di bawah kamera belakang. Layar tersebut digunakan untuk notifikasi dan selfie dengan kamera belakang.

Lebih lanjut, HP lipat Xiaomi itu bakal menggunakan layar lipat beresolusi 1,5K. Layar tersebut menjadi kelebihan dibandingkan dengan smartphone lipat lain, nan biasanya menggunakan resolusi 1080p.

Selain itu, smartphone ini juga disebut memiliki nomor model 2405CPX3DG dan 2405CPX3DC. Merujuk nomor model itu, ada kemungkinan HP layar lipat bakal rilis di bulan Mei alias Juni.

Menurut laporan tersebut, nomor 2405 di nomor model tersebut merujuk pada Mei 2024.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berbincang berbareng mantan Perdana Menteri Inggris nan juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6