CEO Equnix: Inovasi Enkripsi Diperlukan untuk Cegah Kebocoran Data dan Penuhi Regulasi UU PDP

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Equnix jadi satu-satunya perwakilan Indonesia nan menghadiri perhelatan FOSSASIA Summit 2024, nan baru saja selesai digelar di Hanoi, Vietnam pada 8-10 April 2024.

Di aktivitas konfersensi teknologi tersebut CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, tampil memaparkan tentang perlindungan info mutakhir dalam topik ‘Protecting your private info with Seamless Encryption in 11DB/Postgres’.

“Relational Database Management System (RDBMS) memainkan peran krusial dalam bumi bisnis. Tidak bakal ada upaya tanpa transaksi, oleh lantaran itu RDBMS diperlukan untuk memastikan transaksi melangkah dengan baik," ujar Julyanto, dikutip Selasa (16/4/2024).

Ia menilai transaksi menjadi semakin kompleks dan banyak ragam info nan terlibat dalam sistem informasi.

"Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai privasi info (risiko kebocoran data) dan kedaulatan data, selain juga integritas data,” kata Julyanto.

Ia menyebut menerapkan perlindungan info bukanlah tugas mudah. Diperlukan banyak aspek untuk mengaktifkannya, mulai dari kontrol akses, manajemen kunci, keahlian pencarian dengan indeks, enkripsi cepat, dan dekripsi untuk memastikan transisi nan lancar antara sebelum dan sesudah penerapan enkripsi.

“Meski demikian, mempunyai sistem perlindungan info nan dahsyat dan canggih adalah suatu keharusan dalam penerapan TI untuk upaya saat ini. Sebagai bagian dari RDBMS nan dahsyat untuk bisnis, PostgreSQL telah diterapkan di banyak perusahaan besar, pemerintahan Indonesia, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya,” dia menjelaskan.

PostgreSQL, Julyanto melanjutkan, mempunyai keahlian untuk mengenkripsi dan mendekripsi info sebagai bagian dari upaya mengaktifkan perlindungan data.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6