Windows App Dirilis ke iPhone, Mac, dll — Bisa Buka Windows dari OS Lain!

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Satu berita mengejutkan dari Microsoft. Mereka baru saja membikin Windows App untuk iOS, iPadOS, macOS, Windows, dan web browser — agar kita bisa mengakses Windows dari beragam jenis perangkat dengan beragam jenis OS.

Untuk saat ini Windows App memang tetap dalam status PREVIEW, dan buat pengguna Android juga tetap belum kebagian jenis preview nya ini. Tapi dalam waktu dekat, kemungkinan besar Microsoft juga bakal merilis Windows App untuk Android.

Apa itu Windows App?

Sebenarnya apa itu Windows App dan apa gunanya? Jadi Windows App ini merupakan aplikasi untuk mengakses Windows PC secara remote, dengan experience se-native mungkin. Windows PC nan diakses ini bisa berupa Remote PC nan kita miliki sendiri, Remote Desktop Services, alias cloud PC seperti Windows 365, Azure Virtual Desktop ataupun Microsoft Dev Box.

Dengan Windows App ini kita jadi bisa mengakses Windows PC dari perangkat apapun dengan OS apapun secara remote.

Sebenarnya kita sendiri saat ini sudah bisa melakukannya menggunakan fitur Remote Desktop nan ada di Windows, tapi aplikasi ini ditujukan untuk lebih memudahkan lagi dan lebih cross platform lagi, sehingga pengguna tablet, smartphone, laptop, desktop, bisa mengakses Windows dari perangkat mereka — apalagi hanya dengan bermodalkan browser.

Kelebihan utama dari Windows App adalah bisa pin device dan pin app nan sering kita akses, jadi selain lebih mudah — juga bisa lebih sigap mengakses PC dan aplikasi favorit kita. Kalo kita punya beberapa akun, kita bisa beranjak akun juga dengan lebih mudah menggunakan fitur account switching.

Selain itu, Windows App juga punya experience nan lebih native saat digunakan untuk mengakses Windows PC secara remote:

  • Support banyak monitor sekaligus
  • Bisa mengatur custom display resolution
  • Bisa mengatur scaling dan dynamic display resolution
  • Microsoft team optimization
  • Dan menurut saya ini nan paling menarik, bisa redirect webcam, audio, storage device, dan printer dari cloud PC alias PC remote ke perangkat nan kita punya. Jadi kita bisa seolah-olah betul-betul menghubungkan perangkat di rumah ke cloud PC tersebut dengan mudah.

Sayangnya untuk saat ini beta tester dari Windows App di iOS, iPadOS, dan macOS terpantau sudah penuh. Tetapi kalian bisa cek secara berkala siapa tahu kuota dari beta tester ini kembali terbuka.

Untuk pengguna Windows dan browser, bisa mencoba Windows App ini dengan mengikuti pedoman nan ada disini. Tapi memang untuk Windows App di Windows dan web browser, tetap terbatas hanya untuk mengakses Cloud PC di Azure Virtual Desktop, Microsoft Dev Box, dan Windows 365. Untuk Remote Desktop Services dan Remote PC saat ini hanya bisa diakses dari macOS, iOS dan iPadOS.

Microsoft sendiri pertengahan tahun lampau ketahuan punya sasaran besar untuk mengusung Windows ke cloud. Dalam visi Microsoft, solusi di kehidupan nan semakin modern ini adalah — pengguna Windows mempunyai cloud PC nan bisa diakses dari perangkat apapun dan dimanapun, tanpa kudu mempunyai PC nya secara fisik. Dan Windows App ini, sepertinya menjadi awal dari upaya tersebut.

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort