Waspadai Penipuan Online Saat Lebaran, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan ala BRI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Selama momen Hari Raya Idul Fitri dan libur lebaran, kebutuhan transaksi masyarakat semakin meningkat. Mulai dari mengirimkan Tunjangan Hari Raya (THR), transaksi pembayaran tiket, e-toll, belanja, kuliner, wisata dan lainnya. Oleh lantaran itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI pun terus mengedukasi masyarakat untuk aware dalam bertransaksi.

Saat momen libur Hari Raya dan lebaran, pengguna diimbau agar bertransaksi melalui Super Apps BRImo nan memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan. Dengan beragam fitur BRImo, masyarakat dapat memanfaatkan jasa transaksi tanpa kartu, seperti setor tunai, transfer uang, QRIS, tagihan bulanan (listrik, PDAM, pascabayar, Telkom, TV kabel dan internet, asuransi, cicilan, dan tetap banyak lainnya).

Di era nan serba digital saat ini, kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dilakukan secara online. Meskipun demikian, mudahnya bertransaksi digital tetap kudu diimbangi dengan pembaruan pengetahuan tentang pentingnya bertransaksi digital secara aman.

Untuk itu, berikut beberapa perihal nan perlu diperhatikan untuk bertransaksi digital secara aman:

  1. Apabila bertransaksi menggunakan QRIS, pastikan letak dan nama merchant sesuai dengan tujuan transaksi.
  2. Berhati-hati dalam menggunakan hubungan Wi-Fi publik. Hal ini disebabkan rentannya hubungan Wi-Fi publik terhadap serangan hacker, malware, dan penyadapan.
  3. Selain itu, menggunakan kata sandi nan kuat alias dapat mengaktifkan two factor authentication (2FA)
  4. Mengaktifkan pemberitahuan transaksi / notifikasi sehingga kita dapat segera mengetahui setiap aktivitas, terutama andaikan transaksinya mencurigakan.

Nasabah pun diimbau terus waspada jika ada nomor nan tidak dikenal mengirimkan arsip dengan akhir penamaan .APK, apalagi nan mengatasnamakan BRI. Masyarakat dapat mencegah kejahatan arsip lebih awal dengan tidak mengeklik arsip dan aplikasi tersebut.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6