Update Baru WhatsApp, Bakal Tingkatkan Privasi Chat dan Pembaruan Status

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - WA bakal menggulirkan beberapa pembaruan signifikan baru untuk meningkatkan privasi dan keterlibatan pengguna di status WA.

Bocoran ini pertama kali diterbitkan oleh leaker WABetaInfo, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (3/4/2024).

Pembaruan pertama adalah upaya WA untuk meningkatkan privasi obrolan dengan menghadirkan fitur obrolan terkunci ke perangkat nan ditautkan.

Fitur ini terlihat pada pembaruan WA Beta Android jenis 2.24.8.4, nan tersedia di Google Play Store.

Sekarang, keahlian untuk mengunci obrolan dengan kode rahasia terbatas pada perangkat utama, sehingga percakapan nan berpotensi sensitif dapat terekspos pada perangkat nan tertaut.

Dengan pembaruan ini, pengguna bakal dapat melindungi chat WhatsApp sensitif di semua perangkat nan terhubung.

Untuk memulai fitur obrolan terkunci pada perangkat nan ditautkan, pengguna perlu membikin kode rahasia dalam pengaturan kunci obrolan di perangkat utama mereka.

Setelah kode ini dikonfigurasi, chat nan terkunci bakal tetap tersembunyi dari daftar obrolan standar dan hanya dapat diakses setelah memasukkan kode rahasia pada perangkat nan ditautkan.

WhatsApp luncurkan fitur memblokir pengguna untuk ambil screenshot foto profil pengguna lain. Pengguna bakal memandang layar hitam ketika menangkap foto profil orang lain

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mention Teman di Status WhatsApp

WhatsApp juga memperkenalkan langkah baru untuk berinteraksi dengan pembaruan status. Pengguna dapat menyebut kontak tertentu dalam postingan status mereka secara pribadi.

Fitur ini terdapat di WA Beta untuk iOS 24.7.10.71, dengan fitur ini, WA bisa meningkatkan hubungan dan mengingatkan kontak tertentu ketika mereka disebutkan dalam status bersama.

Ketika kontak disebutkan/mentioned, pemberitahuan notifikasi bakal dikirimkan kepada kontak nan telah disebutkan sebelumnya.

Notifikasi tersebut hanya dikirimkan kepada kontak nan disebutkan dalam WA Status, sehingga memastikan penyebutan tersebut tetap rahasia.

Hal ini berbeda dengan mention di IG Story, nan dapat dilihat oleh orang lain.

Pembaruan ini sedang dalam pengembangan, tetapi fitur WA tersebut bakal tersedia secara luas melalui pembaruan.

Tampilan WA di Android Berubah

Selain pembaruan mengenai privasi dan status, WA sekarang mengubah tampilan aplikasi di perangkat Android. 

Mengutip info dari GSM Arena, perubahan kreasi WA ini dilakukan pada posisi tab nan ditampilkan di aplikasi. Jika sebelumnya tab menu diletakkan di atas, sekarang posisinya dipindahkan ke bawah.

"Temui perangkat navigasi baru kamu, lebih dekat dengan ibu jarimu dan nyaman dipandang," tulis WA melalui akun resmi media sosial aplikasi chatting milik Meta tersebut.

Selain dipindahkan ke bawah, susunan tab menu pada aplikasi WA di Android juga berubah. Kini, pengguna bakal menemukan tab Chats, Updates, Communities, dan Calls.

Sebagai informasi, tab Updates menggantikan tab Status nan ada sebelumnya. Selain itu, WA juga menambahkan ikon di tiap-tiap tab, berbeda dari sebelumnya nan hanya tersedia di tab Communities.

Perubahan lain juga diberikan pada warna latar di seluruh tab. Apabila sebelumnya memakai warna hijau, sekarang latar seluruh tab datang dengan warna putih, sehingga terlihat senada dengan kolom chat.

Perubahan Tampilan WA Sudah Dirasakan Beberapa Pengguna

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, perubahan navigasi ini sudah berjalan sejak beberapa minggu lalu.

Sejumlah pengguna perangkat Android di Indonesia pun sudah merasakan perubahan tampilan ini, tapi WA memang baru mengumumkannya sekarang.

Seperti diketahui, perubahan tampilan aplikasi WhatsApp ini memang semakin memudahkan pengguna untuk mengakses sejumlah tab menu secara langsung. Bahkan, tab tersebut bisa diakses dengan satu tangan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6