Uji Kualitas Audio Samsung Galaxy Buds FE, Suara Bass Nendang dengan Fitur ANC dan Ambient Sound

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menawarkan true wireless stereo (TWS) terjangkau lewat Galaxy Buds FE. Meski dibanderol Rp 1 jutaan, buds ini mempunyai fitur premium, seperti Active Noise Cancellation (ANC), Ambient Sound, dan Deep Neural Network (DNN) nan berbasis kepintaran buatan (artificial intelligence/AI).

Galaxy Buds FE apalagi mempunyai performa serupa seperti Galaxy Buds Pro, di mana teknologi ANC-nya bisa memblokir sejumlah besar bunyi (hingga 98 persen) nan tidak saya diinginkan.

Saat menggunakan TWS ini dalam perjalanan ke instansi dengan transportasi umum, saya hanya mendengar sedikit bunyi sekitar. Obrolan para penumpang di dalam bus sukses diredam dengan sangat baik, meskipun bunyi sirine tetap sedikit terdengar.

Fitur di Samsung Galaxy Buds FE ini tentu sangat berfaedah untuk perjalanan darat maupun penerbangan agar Anda tidak terganggu dengan kebisingan sekitar.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/Iskandar</p>

Fitur ANC dipadukan dengan Ambient Sound nan memungkinkan saya tetap bisa aware dengan lingkungan sekitar. Misalnya, ketika menyeberangi jalan, saya tak perlu melepas earbuds lantaran keadaan di lingkungan sekitar bisa terdengar cukup baik.

Kamu pun bisa mendengarkan musik sesuai kebutuhan hanya dengan beranjak dari ANC ke Ambient Sound alias sebaliknya melalui aplikasi Galaxy Wearable nan telah terhubung dengan Galaxy Buds FE.

Fitur canggih lainnya adalah asisten virtual Bixby nan dapat diaktifkan dengan perintah suara, dan beraksi dengan sempurna di ponsel Galaxy.

Ada pula Gaming Mode untuk menurunkan latensi alias jarak suata saat bermain game mobile alias menonton video streaming.

Kamu apalagi bisa melakukan Earbud Fit Test (tes kecocokan earbud) untuk memberi tahu apakah sudah mendapatkan kenyamanan alias tingkat kekedapan nan pas di telinga.

Jika dirasa belum pas, Anda bisa memilih tiga ukuran eartips dan dua ukuran wingtips nan sudah tersedia dalam paket penjualan.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/Iskandar</p>

Selain itu, Galaxy Buds FE juga mempunyai area grip nan telah dirancang sedemikian rupa agar earbuds tidak mudah terlepas dari telinga, apalagi ketika kita sedang banyak bergerak, seperti berolahraga.

Bass Menghentak dengan 5 Pilihan EQ

Kualitas audionya pun kudu saya akui bisa menghasilkan bunyi perincian dengan bass powerful. Ya, TWS ini cocok untuk mendengarkan sejumlah aliran musik dengan karakter bass nan dalam.

Antara lain seperti aliran musik electronic dance music (EDM), rhythm and blues, pop, dubstep, hip hop, R&B, dan juga techno.

<p>Pengaturan EQ Samsung Galaxy Buds FE di aplikasi Galaxy Wearable. Liputan6.com/Iskandar</p>

Equalizer (EQ) bawaannya pun terdengar solid, dengan bass kuat nan menghentak. Jika tak begitu suka dengan karakter bass nan terlalu nendang, Anda bisa memilih lima EQ lainnya via aplikasi Galaxy Wearable: Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear, dan Treble Boost.

Menurut saya, Clear menawarkan kualitas bunyi paling konsisten, di mana saya dapat menikmati bunyi pukulan drum dan riff gitar nan mengalir mulus ke telinga lewat lagu 'Dance With Me' dari Blink 182.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/Iskandar</p>

Beralih ke musik pop, lagu 'Water' dari Tyla sukses disajikan dengan apik. Unsur afrobeats-nya terdengar tajam dan bunyi vokal Tyla pun mengalun dengan lembut. Kedua lagu tersebut saya putar lewat Spotify.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/Iskandar</p>

Menikmati konten video streaming, seperti Netflix pun cukup memuaskan. Setiap segmen perkelahian seperti pukulan dan ledakan dari senapan terasa apik dan jelas dalam movie tindakan pembunuh penghasilan 'The Killer (2023)'.

Galaxy Buds FE juga menawarkan kontrol sentuh nan bisa Anda eksekusi melalui bodi earbuds (kanan dan kiri). Antara lain play/pause lagu dengan sekali tap, memutar musik selanjutnya (next track) dengan double tab, lampau sentuh dan tekan untuk beranjak dari mode ANC ke Ambient alias sebaliknya.

<p>Pengaturan kontrol sentuh Samsung Galaxy Buds FE di aplikasi Galaxy Wearable. Liputan6.com/Iskandar</p>

Kamu juga bisa mengontrol panggilan masuk dengan double tap untuk menjawab/mengakhiri panggilan alias sentuh dan tekan untuk menolak panggilan masuk.

Mikrofon dengan Deep Neural Network (DNN)

Selain ANC dan Ambient Sound, fitur canggih lainnya adalah Deep Neural Network (DNN) berbasis kepintaran buatan (artificial intelligence/AI).

Teknologi ini bisa menyaring bunyi bising di lingkungan sekitar, khususnya saat Anda sedang berinteraksi dengan orang lain (menerima telepon alias online meeting).

Samsung Galaxy Buds FE. Liputan6.com/Iskandar

DNN juga membikin mikrofon pada Galaxy Buds FE bisa menghadirkan panggilan bunyi lebih jernih. TWS besutan Samsung ini mengusung tiga mikrofon: mikrofon utama, submicrophone, dan mikrofon bagian dalam.

Sistem tiga mikrofon ini bekerja secara selaras untuk menangkap bunyi pengguna dengan jeli sehingga input bunyi lebih lantang dan jelas.

Daya Tahan Baterai hingga 30 Jam

Galaxy Buds FE dibekali ketahanan baterai hingga 8,5 jam saat digunakan secara aktif tanpa menyalakan fitur ANC.

Saat ANC aktif, Galaxy Buds FE mempunyai ketahanan baterai hingga 6 jam. Masa pakai baterainya cukup akurat, nan mana saya bisa menggunakan Galaxy Buds FE selama tiga hari (sekitar 2 jam setiap hari).

Kamu apalagi bisa mendapatkan waktu pemakaian hingga 21 jam alias apalagi 30 jam--tergantung langkah Anda menggunakannya--berkat tambahan baterai pada casing.

Dengan ketahanan baterai tersebut, selain untuk call dan mendengarkan musik, TWS ini juga bisa digunakan untuk streaming movie dan series alias pun main game seharian. Cocok untuk milenial dan Gen Z nan aktif.

Desain Minimalis

Galaxy Buds FE mengusung kreasi minimalis nan memang mirip dengan saudaranya, seperti Galaxy Buds Pro, Buds2, Buds2 Pro, dan Buds Live.

TWS ini tersedia dalam dua warna pilihan ialah Graphite dan White nan modern, timeless, dan versatile untuk dipadukan dengan beragam outfit pengguna.

Samsung juga melengkapi Galaxy Buds FE dengan casing kerjasama bertema Minions, Pringles, hingga Pokemon nan dijual terpisah.

Tekno Liputan6.com mendapatkan unit review Galaxy Buds FE berbarengan dengan casing Minions Edition alias Minions Edition Samsung Eco-Friends. Sesuai namanya, casing jenis unik ini terbuat dari bahan daur ulang.

Galaxy Buds FE dengan casing Minions Edition Samsung Eco-Friends. Liputan6.com/Iskandar

"Terbuat dari material PC daur ulang (PCM lebih dari 40%, PCM nan digunakan disertifikasi oleh UL/Underwriters Laboratories)," tulis Samsung dalam keterangan produk Minions Edition Samsung Eco-Friends di situs resminya.

Perusahaan menjelaskan, Samsung Eco-Friends adalah nama koleksi aksesori nan dibuat dengan bahan daur ulang lebih dari 40% total volumenya oleh produsen pihak ketiga nan merancang dan memproduksi aksesori nan kompatibel dengan Samsung Electronics Co., Ltd.

Harus kami akui, tampilan case putih Galaxy Buds FE nan tampak polos, menjadi terlihat makin 'Kiyowo' saat menggunakan casing nan dibanderol Rp 499 ribu ini. Untuk diketahui, Kiyowo merupakan bahasa Korea Selatan nan artinya kocak alias menggemaskan.

Selain membikin tampilan Galaxy Buds FE menjadi lebih stylish, casing Minions juga dapat memberikan perlindungan ekstra, agar terhindar dari goresan alias benturan.

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6