Uji Kamera Samsung Galaxy S23 FE: Hasil Foto Jernih hingga Bokeh Menawan

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis flagship smartphone-nya tahun 2023, Galaxy S23 series, Samsung akhirnya memboyong jenis lebih terjangkau di seri itu ialah Galaxy S23 FE.

Model FE datang pada penghujung tahun ini, setelah sebelumnya tidakhadir di jenis Galaxy S22. Dengan Galaxy S23 FE, ada lebih banyak orang nan bisa menikmati kecanggihan ponsel premium Samsung, dengan nilai nan lebih ramah di kantong.

Meski sebenarnya tak bisa dibilang cukup murah, Galaxy S23 FE membawa sejumlah fitur milik Galaxy S23. Mulai dari performa nan mumpuni untuk memenuhi kebutuhan harian pengguna sampai ke kamera ciamik bikin konten foto dan video.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal Samsung Galaxy S23 FE salah satunya di sektor kamera. Artikel ini bakal mengulas pengalaman kami menggunakan kamera perangkat nan dibanderol antara Rp 9-10 juta.

Galaxy S23 FE mempunyai tiga kamera utama dan satu kamera selfie. Kemampuan fotografi diserahkan ke kamera Galaxy S23 FE, utama beresolusi 50MP nan diusungnya.

<p>Hasil foto lensa wide-angle Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto kamera Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Lalu ada kamera ultra-wide 12MP, dan telephoto 8MP untuk membantu membikin hasil foto jauh hingga 3x digital zoom dan zoom maksimal hingga 30x.

<p>Hasil foto Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto Galaxy S23 FE zoom 3x (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kalau dibandingkan dengan kamera milik Galaxy S23, lensa telephoto Galaxy S23 FE didukung resolusi 8MP dengan 3x zoom digital. Sementara, Galaxy S23 mempunyai resolusi 10MP dengan keahlian 3x zoom digital.

<p>Hasil foto Galaxy S23 FE dengan zoom 10x (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto Galaxy S23 FE zoom 30x (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mengenggam langsung ponsel baru Samsung Galaxy S23 series nan terdiri dari Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra. Seperti apa penampilan HP Android baru milik Samsung ini? Simak video singkatnya. C...

Hasil Foto Selfie

Sementara, keahlian selfie di Galaxy S23 FE diserahkan ke resolusi 10MP. Sekadar informasi, sebelumnya di generasi S21 FE, Samsung memakai kamera depan 32MP.

Kini ukurannya megapikselnya diturunkan ke 10MP, namun justru memakai sensor belakang di kamera S23.

<p>Hasil foto selfie Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto selfie portrait dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kalau Anda tak mau terlihat terlalu chubby saat ber-selfie ria dengan Galaxy S23 FE, Samsung juga menyiapkan tampilan selfie nan tak memuat muka Anda sepenuhnya namalain lebih wide.

Kamu hanya memencet logo dua orang saat selfie. Hasilnya, wajah jadi agak lebih mini di foto. Seperti di bawah ini.

<p>Hasil foto selfie portrait dengan tampilan lebih wide di Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kamera Samsung Galaxy S23 FE juga dibekali sejumlah fitur. Misalnya, pengguna bisa memakai foto portrait alias bokeh di kamera depan dan belakangnya, pengambilan foto dan video pro, mode foto malam, foto makanan, panorama.

Memotret Bulan dengan Galaxy S23 FE

Kalau di Galaxy S23 Ultra orang senang memotret bulan, perihal sama bisa dirasakan dengan Galaxy S23 FE.

Dengan keahlian telephoto hingga 30x zoom, Anda juga bisa membidik bulan dengan bagus pakai ponsel ini. Apalagi menurut pengalaman kami, support algoritma AI membikin hasil foto bulan jadi lebih indah.

<p>Memotret bulan dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kemampuan Foto Bokeh

Hal lain nan juga sangat memuaskan adalah keahlian bokeh baik kamera depan maupun belakang di HP Android ini.

<p>Foto bokeh di Galaxy S23 FE. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Foto bokeh di Galaxy S23 FE. Kamu bisa coba portrait dengan zoom 3x untuk hasil nan juga tak kalah bagusnya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Galaxy S23 FE mempunyai beragam pilihan dalam membikin foto bokeh, mulai dari pengaruh buram biasa, studio, mono namalain black and white, background nan punya warna lebih pudar, konsentrasi warna pada objek, sampai ke zoom.

Tingkat bokeh pun bisa Anda atur hanya dengan menggeser ke jari ke kanan alias kiri, seperti pada HP Samsung lainnya.

<p>Pilihan setting untuk mengatur bokeh di Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Berbagai Fitur untuk Perekaman Video

Sementara untuk video, terdapat sejumlah fitur ialah super slow motion, slow motion, hyperlapse, single take, director's view namalain tampilan sutradara, sampai ke video potrait untuk kamera alias belakang.

Fitur lain nan juga patut dicoba adalah perekaman video. Pasalnya saat mencoba mengambil video bunga, kameranya bisa merekam kembang dengan mode konsentrasi sehingga membikin hasilnya terlihat sinematik.

<p>Berbagai fitur kamera Galaxy S23 FE untuk foto dan video (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kalau itu kurang memuaskan, pengguna juga bisa mengambil video pro dan mengatur pengaruh cahaya, bokeh, saturasi dan lainnya secara manual.

Pengguna juga bisa mengambil video latar bokeh memakai kamera depan dan belakang. Hasilnya pun terbilang cukup rapi sehingga sudah sangat layak jika mau bikin konten video TikTok, Reels, YouTube.

Dengan segudang fitur di atas, pengguna bisa membikin konten foto dan video untuk keperluan pribadi alias dibagikan ke medsos dengan sangat layak.

Apalagi, Samsung memberikan keahlian perekaman sampai kualitas 8K di 24fps dan di bawahnya UHD 60fps.

Hasil Foto Malam Hari

Pengalaman Tekno Liputan6.com memakai kamera Galaxy S23 untuk fotografi, kami menemukan kamera ponsel premium ini bisa membidik gambar dengan begitu apik dan mudah.

<p>Hasil foto malam hari dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Hasil fotonya pun begitu bening untuk memotret kondisi siang hari. Sementara untuk malam hari, kami merasakan pengambilan foto dengan mode malam sangat membantu membikin foto jadi lebih konsentrasi minim shaky dan lebih alami.

<p>Hasil foto malam hari pakai mode malam dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto malam hari dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Hasil Foto-Foto Galaxy S23 FE dan Kesimpulan

Secara keseluruhan, dari segi keahlian kamera nan diusungnya, kami menilai perangkat ini sudah memenuhi kebutuhan bagi mereka nan suka membikin konten.

<p>Hasil foto Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan Galaxy S23 FE, dengan salah satu pengaruh single take (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan pengaruh pemandangan di Galaxy S23 FE (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Apalagi, dengan banderol nilai Rp 9-10 juta, pengguna bisa mendapatkan ponsel dengan kualitas nan mirip dengan Galaxy S23 series.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6