Top 3 Tekno: Perpres Publisher Rights dan Spesifikasi Infinix Hot 40 Pro Tuai Perhatian

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meneken Perpres Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas alias Publisher Rights pada 20 Februari 2024.

Perpres ini diterbitkan untuk mendukung kewartawanan berbobot sekaligus memastikan keberlanjutan industri media nasional di tengah gempuran teknologi digital berbasis internet.

Lewat Perpres Publisher Rights, diatur pula soal kerja sama dengan perjanjian antara perusahaan pers dengan platform digital. Selain itu, platform digital juga punya sejumlah tanggungjawab untuk mendukung kewartawanan nan berkualitas.

Informasi tentang Publisher Rights ini pun menuai perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com. Selain info seputar Publisher Rights nan baru diteken Jokowi, pembaca kanal Tekno Liputan6.com juga penasaran dengan smartphone Rp 1 jutaan nan baru dirilis.

Smartphone nan dimaksud adalah Infinix Hot 40 Pro, nan mempunyai kamera 108MP. Yuk simak info selengkapnya di tulisan Top 3 kanal Tekno Liputan6.com ya.

Presiden Joko Widodo buka bunyi mengenai pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Pertemuan dengan Surya Paloh dianggap sebagai pertemuan politik biasa, dimana Jokowi menempatkan diri sebagai jembatan penghubung antar partai.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Tanggapan Google Soal Publisher Rights

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meneken Peraturan Presiden tentang Publisher Rights (Hak-Hak Penerbit). Ini merupakan corak support pemerintah terhadap produk kewartawanan nan berbobot di Indonesia.

Informasi tersebut dibagikan langsung oleh Jokowi saat menghadiri aktivitas Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Econvention Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Aturan ini mengharuskan para penyedia platform digital (Google dkk) mengeluarkan duit untuk memberikan kompensasi (bayaran) bagi perusahaan media nan kontennya didistribusikan melalui jasa mereka.

Menanggapi Publisher Rights nan sudah disahkan pemerintah, Google Indonesia mengatakan bakal segera mempelajari patokan ini.

“Kami memahami pemerintah telah mengesahkan peraturan tentang penerbit berita, dan kami bakal segera mempelajari detailnya," kata perwakilan Google Indonesia melalui pesan singkat kepada Tekno Liputan6.com.

Google menyatakan selama ini mereka telah bekerja sama dengan penerbit buletin dan pemerintah untuk mendukung dan membangun masa depan ekosistem buletin nan berkepanjangan di Indonesia.

"Sangatlah krusial untuk produk kami dapat menyajikan buletin dan perspektif nan beragam tanpa prasangka dan bias," ucapnya.

Simak Informasi Selengkapnya di sini

2. Publisher Rights Atur Soal Google dkk Bagi Hasil dengan Perusahaan Pers

Dalam patokan nan diteken Jokowi pada 20 Februari 2024, ialah Perpres Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas, tercantum patokan mengenai kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers.

Adapun platform digital nan dimaksud termasuk di dalamnya perusahaan internet Google, Facebook, dan lain-lainnya.

Pada bab 3 tentang kerja sama kedua pihak terutama di pasal 7, tercantum tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers dituangkan melalui perjanjian.

Adapun corak kerja sama kedua pihak bisa berupa lisensi berbayar, bagi hasil, berbagi info agregat pengguna berita, alias corak lain nan disepakati.

Bagian ketiga dari pasal 7 tersebut menjelaskan, bagi hasil nan dimaksud adalah pembagian pendapatan atas pemanfaatan buletin oleh perusahaan platform digital nan diproduksi oleh perusahaan pers berasas kalkulasi nilai keekonomian.

Simak info selengkapnya di sini

3. Spesifikasi Infinix Hot 40 Pro Bikin Penasaran

Infinix Hot 40 Pro sendiri diklaim menawarkan perform tinggi, kamera canggih, dan baterai tahan lama.

Digadang-gadang sebagai HP gaming terjangkau di pasaran saat ini, nilai Infinix Hot 40 Pro dibanderol Rp 2.049.000 dari nilai resminya Rp 2,2 jutaan.

Tampil sebagai ponsel gaming, Infinix menyematkan chipset MediaTek Helio G99 dan software Xboost Gaming Engine untuk memastikan pengalaman main game mobile mulus.

Bermain game pun semakin puas dengan layar IPS LCD 6,78 inci, beresolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Salah satu kelebihan Infinix Hot 40 Pro adalah RAM 8GB bisa diperluas hingga 16GB dengan fitur RAM Expansion.

Simak info selengkapnya di sini

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6