Top 3: Mesin Pesawat Garuda Indonesia yang Bawa Jemaah Haji Keluar Api

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan jemaah haji Kloter 5 dari embarkasi Makassar terpaksa mendarat lagi alias Return to Base (RTB) pada hari ini, Rabu (15/5/2024). Hal ini disebabkan munculnya api di mesin pesawat.

Penerbangan ini dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Boeing B747-400. Perlu diketahui, RTB merupakan tindakan sigap untuk mengurangi akibat mengenai keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.

Artikel mengenai adanya api di mesin pesawat garuda Indonesia ini menjadi salah satu tulisan nan banyak dibaca. Selain itu tetap ada beberapa tulisan lain nan layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga tulisan terpopuler di kanal upaya Liputan6.com pada Kamis 16 Mei 2024:

1. Mesin Pesawat Garuda Indonesia Keluar Api saat Terbang, Semua Penumpang Selamat

Jemaah haji kloter 5 dari Makassar mungkin dibuat resah saat baru terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Hal ini lantaran salah satu mesin pesawat mengeluarkan api saat sudah terbang.

Akibat kejadian ini, pilot penerbangan GA-1105 memutuskan untuk melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah sigap guna memitigasi akibat pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi hambatan engine pesawat nan memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Simak tulisan selengkapnya di sini

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2. Harga Emas Dunia Terbang Lagi Usai Anjlok, Dipatok Segini Hari Ini

Harga emas rebound pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta) dibantu oleh melemahnya kurs dolar Amerika Serikat (AS) dan imbal hasil Treasury setelah info menunjukkan nilai produsen AS naik lebih dari perkiraan pada bulan April dan menunjukkan inflasi tetap tinggi.

Harga emas bumi di pasar spot naik 0,7% ke level USD 2.351,30 per ounce setelah turun 1% pada hari Senin. Sedangkan nilai emas berjangka AS naik 0,6% menjadi USD 2.356,70.

“Masih ada support nan baik untuk emas di tengah ketegangan geopolitik... namun langkah selanjutnya bakal berjuntai pada gimana kita memandang nomor inflasi AS dan penjelasan apa pun mengenai apa nan bakal dilakukan The Fed terhadap suku bunganya,” kata Presiden Pasar Dunia EverBank, Chris Gaffney.

Simak tulisan selengkapnya di sini

3. Penerbangan Indonesia Dikomplain Turis Jepang, Luhut: Masa Bikin Orang Menderita

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mempersilakan pihak maskapai asing nan mau menyediakan rute penerbangan dari dan menuju Indonesia.

Alasannya, dia tidak mau persaingan industri maskapai penerbangan nan sempit di dalam negeri membikin banyak penumpang kesulitan. Pasalnya, situasi itu menjadikan tarif tiket pesawat melambung.

"Sekarang kita mau sorong airline asing masuk ke dalam, tapi kita tata. Jadi misalnya dulu ada patokan tidak boleh majority sahamnya. Kalau kau enggak bisa penuhin, masa orang menderita. Sektor wisata kita rusak kan," tegas Menko Luhut.

Simak tulisan selengkapnya di sini

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6