Top 3: Harga Beras Melambung Jelang Puncak Pemilu 2024, Ada Apa?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Harga sejumlah bahan pangan terpantau mengalami kenaikan nan cukup signifikan dalam satu pekan terakhir. Bahkan tercatat sejumlah wilayah di Timur Indonesia harga beras premium dijual Rp 25-36 ribu per kilogram (kg).

Secara tren, perihal ini terlihat mengalami kenaikan dari pekan-pekan sebelumnya. 

Berita mengenai nilai beras nan makin mahal ini menjadi nan paling banyak dibaca. Beriktu daftar buletin nan paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (13/2/2024):

1. Jelang Pemilu dan Ramadan, Harga Beras Makin Mahal Tembus Rp 36 Ribu per Kg

Harga sejumlah bahan pangan terpantau mengalami kenaikan nan cukup signifikan dalam satu pekan terakhir. Bahkan tercatat sejumlah daerag di Timur Indonesia beras premium dijual Rp 25-36 ribu per kilogram (kg).

Secara tren, perihal ini terlihat mengalami kenaikan dari pekan-pekan sebelumnya. Mengutip Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) nilai beras di Papua Tengah pernah mencapai Rp 36.130 per kg di 10 Februari 2024. Kini, harganya berangsur turun di kisaran Rp 19.000 per kg.

Sementara itu, di wilayah Papua Pegunungan, harga beras masih bertengger di Rp 25.000 per kg hingga saat ini. Angka tertinggi ada di Kabupaten Jayawijaya dengan nilai nan sama. Di Provinsi Papua dan Papua Barat sendiri, nilai beras tetap memperkuat di kisaran Rp 16.000-18.000 per kg.

Baca tulisan selengkapnya di sini

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2. Soal Uang Serangan Fajar Jelang Pemilu 2024, Halal alias Haram?

Puncak Pemilu 2024 tinggal satu hari lagi. Pemungutan bunyi di dalam negeri bakal diselenggarakan serentak pada 14 Februari 2024. Tak jarang, mendekati hari H pencoblosan, sering ada 'Serangan Fajar'.

Serangan fajar nan dimaksud adalah adanya sejumlah pihak nan mempraktekkan politik uang. Dimana sejumlah penduduk diberi duit alias sembako dengan tujuan untuk memilih salah satu peserta pemilu.

Lantas, gimana norma dalam Islam mengenai serangan fajar jelang Pemilu 2024 ini? Dikutip dari kanal Islami Liputan6.com, Senin (12/2/2024), Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Tangerang Selatan, KH. Ahmad Misbah, M.Ag. menjelaskan, serangan fajar yang dipahami memberi duit untuk pelancar dan pendorong memilih calon tertentu termasuk suap alias rusuah. 

Baca tulisan selengkapnya di sini.

3. Erick Thohir: Program Bansos Sudah Jalan Lama, Kenapa Sekarang Ribut?

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan program support sosial (bansos) sudah lama dijalankan pemerintah. Dia merespons isu bansos yang jadi perbincangan beragam pihak belakangan ini.

Misalnya, ramai soal politisasi bansos lantaran disebar pemerintah menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pekan ini. Erick menyebut, bansos sudah menjadi kesepakatan antara pemerintah dan DPR RI.

Bansos itu merupakan kebijakan nan diambil pemerintah berbareng DPR ya dan sudah dianggarkan oleh Menteri Keuangan," kata Erick Thohir di Ramayana Klender, Jakarta, Senin (12/4/2024).

Diapun mengaku heran jika bansos ini baru menjadi perbincangan belakangan ini. Menurutnya, program bansos apalagi jadi tumpuan bagi beberapa golongan nan membutuhkan.

Baca tulisan selengkapnya di sini.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6