Tol Bocimi KM 64 Longsor, Jalan Ditutup Sementara

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Sebagian jalan di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) longsor pada 3 April 2024, malam sekitar pukul 20.00 WIB. Longsor berakibat pada lajur 1 jalan tol Bocimi tepat sebelum pintu keluar tol Parungkuda.

Corporate Secretary Waskita Toll Road Alex Siwu menhatakan, manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road sedang melakukan peninjauan letak untuk memastikan penanganan dan memandang kondisi keseluruhan ruas tol Bocimi.

"Bersama PT Trans Jabar Tol selaku pemilik konsesi jalan tol Bocimi tengah melakukan pengamanan di letak kejadian dan melakukan pengalihan lampau lintas di sekitar letak kejadian," ujar Alex dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024).

Curah Hujan Tinggi

Diketahui, longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB malam tadi diduga disebabkan oleh tingginya curah hujan di titik tersebut. Di samping itu, longsoran juga berakibat pada satu unit mobil nan ikut terbawa lobgsor.

Beruntungnya, penumpang dan mobil tersebut dikatakan sukses dievakuasi dan selanjutnya dilakukan penanganan di medis.

"Diduga longsor terjadi lantaran gerusan air akibat curah hujan nan lebat di sekitar lokasi," katanya.

Alox mengatakan, atas kejadian ini dilakukan rekayasa arus lampau lintas di jalan Tol Bocimi. Yakni, mengalihkan kendaraan nan keluar di exit toll Parungkuda menjadi keluar di pintu tol Cigombong.

"Kendaraan dari arah Ciawi menuju Parungkuda dialihkan keluar di Cigombong. Adapun akses dari arah Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara guna menghindari potensi longsor tambahan," jelas Alex.

.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tol Bocimi Longsor

Sebelumnya, Jalan tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) mengalami amblas dari arah Jakarta menuju Sukabumi, akibat kejadian tersebut dua unit mobil dan satu truk nan sedang melintas terperosok ke dalam amblasnya jalan tersebut.

Seorang pengemudi dan penumpang dinyatakan selamat dalam kejadian ini. Longsor terjadi di KM 64 sebelum exit tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi pada Rabu malam 3 April 2024 sekitar pukul 20.50 WIB. Longsor diduga terjadi lantaran gerusan air akibat hujan lebat.

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo menyampaikan, berasas laporan longsor terjadi sekitar pukul 20.50 WIB pada area di antara KM 60-64 di jalur Tol Bocimi dari arah Jakarta ke arah Sukabumi mendekati exit Tol Parungkuda.

"Sementara akibat dari longsor tersebut satu kendaraan jenis Isuzu Panter terimbas. Pasca kejadian sementara berkondisi juga dengan pihak pengelola tol dan juga dari induk PJR Korlantas sementara untuk arah arus nan menuju exit tol Parungkuda kami alihkan menuju exit tol Cigombong," ujar Tony di letak kejadian, Kamis (4/4/2024).

Dia menuturkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Baik pengemudi maupun seorang penumpang bisa dievakuasi dengan lancar, kedua korban mengalami luka ringan dan sekarang mendapat perawatan di rumah sakit.

Ia menambahkan, selain kendaraan minibus nan terimbas ada juga kendaraan jenis truk. Sementara dugaan sementara penyebab longsor tersebut akibat curah hujan tinggi. Petugas kepolisian kemudian langsung menutup jalan, dan dialihkan menuju ke arah exit tol Cigombong.

"Truk tersebut terguling, namun truk tersebut terguling lantaran pada saat mendekati letak berupaya mengelak sehingga terguling. Alhamdullilah kondisi pengemudi tidak apa-apa," terang dia.

Rekayasa Lalin

Terkait jalur mudik akibat peristiwa longsor di KM 64, Tony menyebut bakal segera koordinasi dengan stakeholder mengenai untuk mitigasi alias penanganan selanjutnya.

"Untuk pengalihan arus kami pihak Polres Sukabumi sifatnya koordinatif, lantaran exit tol Cigombong itu masuk wilayah Bogor dan juga kelak oleh temen-temen Korlantas otomatis sementara ini tetap dalam masa pertimbangan dialihkan lewat Cigombong," tuturnya.

Pihaknya belum bisa memastikan berapa luas area jalur tol nan terdampak longsor ini, karena tetap dalam tahap evakuasi. Disamping itu, dirinya mengimbau sementara bagi pengguna jalan tol khususnya nan bakal mengarah ke Sukabumi sementara waktu untuk mempergunakan jalur arteri alias exit tol Cigombong.

"Kendaraan dari Sukabumi tidak masuk gate Parungkuda, dilewatkan arteri dan masuk tol di gate Cigombong," terang dia

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6