Tokopedia Berbagi Tips Persiapan Perjalanan Mudik yang Aman dan Nyaman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Mudik alias pulang kampung merupakan salah satu tradisi nan dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Tidak hanya arena silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas maupun kesibukan sehari-hari.

Berdasarkan info Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik Lebaran 2024 diprediksi bakal menjadi nan terbesar sepanjang sejarah. Ada 193,6 juta orang nan diprediksi bakal mudik tahun ini, setara dengan 71,7 persen rakyat Indonesia.

Nah menjelang mudik Lebaran tahun ini, Tokopedia pun membagikan lima tips persiapan nan perlu diperhatikan pemudik agar perjalanan mereka tetap kondusif dan nyaman. Apa saja tipsnya, simak info komplit berikut ini :

Pastikan Kendaraan Pribadi dalam Kondisi Prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap beragam komponen krusial seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Tidak lupa, pemudik juga perlu membawa kitab servis dan arsip kendaraan nan komplit sebagai persyaratan standar berlalu lintas. Untuk membantu persiapan tersebut, Tokopedia pun menyediakan jasa Tokopedia Garage untuk mendapatkan beragam perlengkapan termasuk perawatan mobil serta motor.

"Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akomodasi pemasangan untuk beragam produk otomotif nan dibeli melalui platform Tokopedia," tutur External Communication Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Siapkan Uang Tunai dan Saldo Kartu Uang Elektronik

Pembayaran digital saat ini sudah menjadi jagoan ketika melakukan transaksi. Namun, perlu diketahui membawa duit tunai persediaan dan memastikan saldo kartu duit elektronik tetap perlu dilakukan.

Untuk perihal ini, Tokopedia pun mempunyai jasa nan memungkinkan pengguna mengisi saldo duit elektronik mereka saat mudik. Layanan ini pun disebut mendapatkan sambutan positif dari pengguna.

"Menurut info internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lampau dibandingkan dengan periode nan sama di awal tahun 2023," tutur Rizky.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Titipkan Hewan Peliharaan ke Orang Terdekat

Bagi family nan mempunyai hewan peliharaan, ada baiknya melakukan persiapan andaikan hewan tidak dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan piaraan di jasa penitipan hewan di klinik alias pet shop terpercaya.

Pilihan lain adalah menitipkannya ke orang terdekat. Namun sebelum menitipkan, ada baiknya Anda membelikan sejumlah kebutuhan hewan termasuk produk perawatan hewan selama mudik.

Tokopedia sendiri menyediakan beragam jenis produk perawatan hewan peliharaan, termasuk untuk kucing, anjing, burung, hingga ikan.

Tokopedia pun mencatat permintaan masyarakatn pada produk perawatan hewan piaraan juga terus naik, seperti saat jelang mudik Lebaran 2023.

"Penjualan pet feeder dispenser makanan hewan piaraan nan dapat diatur dengan smartphone melonjak nyaris 1,5 kali lipat dibandingkan periode nan sama di awal 2023, sedangkan litter box kucing mengalami kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat," tutur Rizky.

Siapkan Perlengkapan untuk Kejadian Tidak Terduga

Perjalanan mudik tentu memerlukan kondisi bentuk nan prima. Karenanya, pemudik juga dianjurkan untuk membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

Untuk membantu kebutuhan tersebut, Tokopedia mempunyai laman unik Tokopedia Farma.

Dengan laman ini, konsumen dimudahkan untuk mendapatkan beragam produk kesehatan, seperti multivitamin dan obat-obatan nan sudah terkurasi.

Perlengkapan termasuk perkakas nan dibutuhkan untuk kendaraan juga bisa ditemukan mellaui Tokopedia Garage alias Home Living Salebration. 

Siapkan Perbekalan Makanan dan Minuman serta Alat Ibadah

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik nan panjang, siapkan pula makanan dan minuman secukupnya.

Untuk melakukan pembelian, konsumen bisa mendapatkannya melalui Tokopedia Now, sehingga produk nan dibeli bisa dikirim langsung.

Tidak lupa, pastikan pula membawa perangkat ibadah nan mudah disimpan dalam mobil alias tas.

"Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 dibandingkan periode nan sama di awal 2023," tutur Rizky menutup pernyataannya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6