Tips Jaga Listrik Rumah saat Mudik Lebaran 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang merencanakan perjalanan mudik Lebaran? Jika iya, pastikan Anda tidak hanya mempersiapkan barang-barang dan perencanaan perjalanan, tetapi juga keamanan di rumah selama Anda pergi. Salah satu perihal krusial nan kudu diperhatikan adalah keamanan listrik di rumah.

Gangguan listrik dapat menyebabkan beragam masalah, mulai dari kebakaran hingga kerusakan peralatan elektronik. Dengan demikian, sangat krusial untuk mengambil langkah-langkah pencegahan nan tepat sebelum meninggalkan rumah untuk jangka waktu nan lama.

Berikut ini adalah beberapa tips nan dapat Anda ikuti untuk menjaga keamanan listrik di rumah saat Anda melakukan perjalanan pulang kampung untuk menyambut Lebaran 2024 seperti dikutip dari beragam sumber, Selasa (2/4/2024):

1. Matikan Semua Peralatan Listrik

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk mematikan semua peralatan listrik nan tidak perlu. Matikan lampu, televisi, komputer, dan peralatan elektronik lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk mencabut semua colokan dari stop kontak. Hal ini bakal mengurangi akibat korsleting alias kebakaran akibat konsleting listrik.

2. Periksa Kondisi Kabel dan Stop Kontak

Sebelum pergi, periksa kondisi kabel dan stop kontak di rumah Anda. Pastikan tidak ada kabel nan terkelupas alias rusak. Jika Anda menemukan kabel nan rusak, segera gantilah alias perbaikilah sebelum mudik Lebaran. Selain itu, pastikan juga tidak ada stop kontak nan lenggang alias rusak. Jika ada, segera perbaiki alias gantilah untuk mencegah akibat korsleting alias kebakaran.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tips Selanjutnya

3. Gunakan Timer untuk Lampu

Meninggalkan rumah nan gelap selama perjalanan pulang kampung dapat menarik perhatian pencuri. Untuk mencegah perihal ini, gunakan timer untuk mengatur lampu agar menyala secara otomatis pada waktu tertentu. Dengan langkah ini, rumah Anda bakal terlihat seperti ada orang di dalamnya, sehingga dapat mengurangi akibat pencurian.

4. Pasang Sensor Gerak

Selain menggunakan timer untuk lampu, Anda juga dapat memasang sensor mobilitas di sekitar rumah Anda. Sensor mobilitas bakal mengaktifkan lampu secara otomatis ketika ada aktivitas mendekat. Hal ini tidak hanya memberikan keamanan tambahan, tetapi juga dapat menghemat daya dengan memastikan lampu hanya menyala ketika diperlukan.

5. Nonaktifkan Air Conditioning (AC)

Jika Anda tidak bakal menggunakan AC selama perjalanan, pastikan untuk mematikannya alias menyetel suhu nan lebih tinggi. AC nan menyala terus menerus selama perjalanan dapat menghabiskan daya nan tidak perlu dan meningkatkan akibat kebakaran akibat korsleting alias kerusakan AC.

6. Gunakan Protektor Listrik

Protektor listrik adalah perangkat nan dapat melindungi peralatan elektronik Anda dari lonjakan alias gangguan listrik. Pasang protektor listrik di stop kontak utama alias di stop kontak peralatan elektronik nan penting. Dengan langkah ini, protektor listrik bakal memutus aliran listrik jika terjadi lonjakan alias gangguan listrik nan dapat merusak peralatan elektronik Anda.

Cek Peralatan Rumah Tangga

7. Pastikan Peralatan Rumah Tangga dalam Keadaan Baik

Sebelum pergi, pastikan semua peralatan rumah tangga ialah kulkas, mesin cuci, dan oven dalam keadaan baik. Bersihkan lemari es dan buang semua makanan nan bakal kadaluarsa selama Anda pergi. Jika ada kerusakan pada peralatan rumah tangga, segera perbaiki alias gantilah sebelum pergi.

8. Berlangganan Layanan Keamanan Rumah

Jika Anda mempunyai anggaran nan cukup, pertimbangkan untuk berlangganan jasa keamanan rumah. Layanan ini bakal memberikan keamanan tambahan dengan memantau rumah Anda selama Anda pergi. Mereka bakal memberi tahu Anda jika ada kejadian nan mencurigakan alias masalah dengan sistem keamanan di rumah Anda.

9. Informasikan Tetangga alias Keluarga

Sebelum pergi, beri tahu tetangga alias family terdekat Anda bahwa Anda bakal pergi untuk beberapa waktu. Berikan nomor kontak darurat kepada mereka jika terjadi kejadian darurat di rumah Anda. Dengan langkah ini, mereka dapat memberikan support jika diperlukan dan memantau rumah Anda selama perjalanan Anda.

10. Matikan Aliran Listrik Utama

Jika Anda bakal pergi untuk waktu nan sangat lama, pertimbangkan untuk mematikan aliran listrik utama ke rumah Anda. Namun, pastikan Anda telah memikirkan akibat dari tindakan ini, seperti kerusakan pada peralatan elektronik nan memerlukan daya listrik terus-menerus.

Hemat Energi

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa rumah Anda kondusif dan terlindungi selama perjalanan pulang kampung.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat daya dengan mematikan alias menonaktifkan peralatan listrik nan tidak perlu. Jadi, pastikan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan nan tepat sebelum Anda berangkat, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan pulang kampung nan tenang dan nyaman.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6