Telkom Tanam 1.000 Bibit Pohon di Lerang Gunung Merapi, Bentuk Komitmen Jaga Kelestarian Lingkungan

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Yogyakarta - Telkom Indonesia baru saja menggelar event ESG Day di Yogyakarta. Event ini digelar sebagai corak komitmen perusahaan tersebut semakin konsentrasi dalam pengelolaan dan penerapan ESG.

Sekadar informasi, ESG alias nan dikenal sebagai Enviromental, Social, and Governance merupakan kerangka kerja nan perlu diterapkan perusahaan untuk memastikan mereka telah memenuhi standar pengelolaan akibat dan kesempatan mengenai lingkungan, sosial, hingga tata kelola.

Sebagai salah satu tindakan nyata nan dilakukan Telkom untuk menerapkan perihal tersebut, perusahaan pelat merah itu melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di Desa Girikerto nan ada di Sleman, DIY. Adapun bibit nan ditanam adalah buat alpukat dan durian.

Untuk diketahui, Desa Girikerto merupakan desa penyangga air nan ada di area Gunung Merapi. Karenanya, sumber mata air di wilayah ini berfaedah bagi kehidupan dan wajib untuk dijaga.

<p>Aksi penanaman 1.000 bibit pohon nan dilakukan Telkom Indonesia di Desa Girikerto, Sleman, DIY. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Menurut Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, langkah penanam bibit pohon ini merupakan langkah awal komitmen Telkom dalam mengimplementasikan ESG. Terlebih, tindakan ini sejalan dengan rencana pengembangan desa Girikerto menjadi area agro buah.

"Kami berambisi apa nan dilakukan ini bisa mendorong rencana nan dicanangkan Girikerto menjadi area upaya agrobuah. Namun tidak hanya buahnya, kami juga harapkan langkah ini bisa membantu konversi air di wilayah Girikerto dan sekitar," tuturnya saat tindakan penanaman bibit pohon di letak tersebut.

Selain melakukan aksi tanam 1.000 bibit pohon untuk mendukung kelestarian lingkungan, Telkom juga meresmikan program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia). Ini merupakan rangkaian dari program Telkom ESG Day di Yogyakarta.

"Diharapkan dengan ESG ini, Indonesia dapat menjadi negara nan ramah lingkungan dan sustain, serta menjadi tempat hidup nan sehat untuk kita semua, sehingga kita bisa mewariskan sesuatu nan baik untuk anak cucu kita semua," tutur Ririek.

Bersama dengan peresmian EXIST, Telkom ESG Day juga menggelar rangkana aktivitas seperti sharing sessions berbareng para mahir dari internal maupun eksternal.

Telkom Gelar ESG Day di Yogyakarta, Tegaskan Komitmen Perusahaan nan Berkelanjutan

Telkom Indonesia baru saja menggelar program ESG Day di Yogyakarta. Melalui program ini, Telkom menegaskan komitmennya menerapkan kerangka kerja ESG di perusahaan maupun ke seluruh anak perusahaan.

Sebagai informasi, ESG alias Enviromental Social and Governance merupakan kerangka kerja nan membantu pemangku kepentingan memahami langkah perusahaan mengelola akibat dan kesempatan mengenai lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Hal itu dilakukan untuk memastikan upaya nan dijalankan berkelanjutan. Menurut Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, ESG sekarang menjadi aspek nan krusial dan diperlukan oleh perusahaan.

"ESG ini menjadi sangat krusial bagi kami, bukan hanya sekadar lantaran kita wajib melakukan dan wajib melaporkan, tapi kami menyadari ESG ini bakal mendorong sustainibilty," tuturnya dalam event Telkom EGS Day di Yogyakarta.

Terlebih, Ririek menuturkan, ESG ini juga menjadi perihal krusial bagi valuasi perusahaan. Karenanya, Telkom sekarang mulai mencanangkan ESG secara lebih penuh, setelah sebelumnya menerapkan kerangka kerja SDG alias Sustainable Development Goals.

Banyak Pelanggan dan Mitra Telkom Mulai Sadar Penerapan ESG

Selain itu, menurut Ririek, banyak dari pelanggannya nan sudah mulai menyadari soal penerapan ESG ini. Terutama, pengguna info center termasuk pemegang saham asing nan sudah mulai menuntut itu.

"Dan kami juga yakini, ESG ini bakal menjadi value creater bagi kami, sehingga kami bakal menerapkannya secara sistematis dan terukur lewat roadmap nan bakal kami siapkan. Tidak hanya itu untuk Telkom, tapi juga seluruh anak upaya Telkom," tutur Ririek menjelaskan.

Dalam event ESG Day di Yogyakarta ini, Telkom Indonesia juga meluncurkan logo baru untuk program ESG perusahaan ialah EXIST alias ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia.

Tidak hanya itu, Telkom Indonesia juga melakukan program penanaman 1.000 bibit pohon di Kelurahan Girikerto, Kabupaten Sleman, DIY. Bibit pohon nan ditanam terdiri dari pohon alpukat dan durian.

(Dam)

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan alias Berkelanjutan

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6