Telkom Perkuat Implementasi Implementasi ESG Lewat Program EXIST, Terapkan Solar Panel hingga Green Data Center

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Telkom indonesia menyatakan diri bakal terus memperkuat penerapan kerangka kerja ESG (Environmental, Social, and Governance) di internal perusahaan, termasuk di anak perusahaan. Hal itu ditunjukkan dengan menggelar event Telkom ESG Day nan diadakan di Yogyakarta.

Salah satu komitmen konkret nan dilakukan Telkom adalah dengan meresmikan program EXIST (ESG Existence for Sustainibility by Telkom Indonesia). Peresmian program itu turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.

Menurut Ririek, penerapan ESG terus perlu dilakukan lantaran tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu, penerapan ini perlu melibatkan banyak stakeholders agar dapat terus berjalan dan berkelanjutan.

"ESG ini bisa menjadi value creater, sehingga kami menerapkannya secara sistematis dan terukur lewat roadmap nan bakal kami siapkan. Tidak hanya untuk Telkom, tapi juga seluruh anak upaya Telkom," tuturnya saat konvensi pers di Telkom ESG Day di Yogyakarta.

EXIST sebagai program ESG Telkom sendiri datang dengan tiga pilar utama  nan sejalan dengan ESG itu sendiri, ialah Environmental, Social, dan Governance. Untuk saat ini, perusahaan pelat merah itu sudah menjalankan sejumlah hal.

Pada pilar Environmental, Telkom berbareng seluruh anak perusahaan dan hubungan berkomitmen mendukung sasaran pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060. Salah satunya dilakukan dengan penerapan waste management oleh Telkom Property dan Telkomsel lewat program Jaga Bumi.

Telkom Group juga berupaya mereduksi emisi, dengan penggunaan solar panel di BTS Telkomsel, Telkom Infra, hingga Mitratel. Perusahaan juga memakai lithium battery di tower Mitratel dan membangun green info center lewat NeutralDC.

Sementara di pilar Social, ESG Telkom mendukung keberagaman talenta lewat program rekrutmen untuk tenaga kerja disabilitas, termasuk pengembangan talenta digital nan selaras dengan program prioritas Kementerian BUMN 2020-2024.

Terakhir, di sisi Governance, Telkom berupaya membangun kepercayaan para stakeholder, termasuk pengguna dengan memastikan keamanan dari perlindungan info pribadi serta sesuai dengan etika bisnis.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6