Stasiun Ditutup Sementara Mulai 3 April 2024, Pemudik ke Pelabuhan Merak Tak Bisa Naik KRL

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pemudik nan hendak berangkat ke Pelabuhan Merak untuk sementara tidak bisa menggunakan moda KRL Commuter Line. Pasalnya, jasa KRL menuju Stasiun Merak bakal berakhir sementara mulai H-7 Lebaran, 3 April 2024.

Merujuk surat Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Nomor AJ.201/2/19/DRJD/2024 tentang Operasional Kereta Api di Stasiun Merak Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 (1445 H), diperlukan langkah antisipasi penguraian kemacetan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni, khususnya pada kondisi peak season pikulan Lebaran 2024 ini.

PT KAI (Persero) berbareng Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal melakukan penyesuaian dan rekayasa operasional kereta api dan lampau lintas pikulan darat di area pelabuhan penyebrangan Merak-Bakauheni.

"Mulai 3-9 April 2024 alias atau H-7 hingga H-1 Lebaran, Stasiun Merak bakal ditutup sementara untuk pelayanan naik dan turun pengguna KRL Merak," ujar Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2024).

Anne menyebut, pada periode tersebut jasa KRL Commuter Line Merak dari Stasiun Rangkasbitung perjalanannya hanya sampai Stasiun Cilegon untuk kembali menjadi perjalanan Stasiun Cilegon-Stasiun Rangkasbitung.

Untuk mobilisasi pengguna nan menuju ke Stasiun Merak dari Stasiun Cilegon bakal disiapkan transportasi lanjutan. Jadwal dan kehadiran transportasi lanjutan inj bakal disesuaikan dengan kehadiran dan keberangkatan KRL Merak di Stasiun Cilegon.

"Pada periode tersebut, agenda pemberangkatan Commuter Line Merak dari Stasiun Rangkasbitung maupun dari Stasiun Cilegon tidak mengalami perubahan, tetap sama jadwalnya," sambung Anne.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Perjalanan KA Lokal Merak

Adapun untuk jumlah perjalanan KA Lokal Merak tidak mengalami perubahan, ialah sebanyak 14 perjalanan tiap hari.

Menurut catatan KAI Commuter, saat ini rata-rata volume pengguna KRL Commuter Line Merak sebanyak 10-11 ribu orang tiap harinya.

Lebih lanjut, Anne menyampaikan, untuk pelayanan pengguna di Stasiun Cilegon, KAI Commuter bakal menyiapkan akomodasi jasa tambahan serta menyiagakan petugas tambahan di area stasiun.

"KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan mengenai penyesuaian pola operasi pelayanan Commuter Line Merak ini, semoga tidak menyurutkan perjalanan para pemudik untuk tetap menggunakan kereta api," kata Anne.

Siapkan 30 Angkot Gratis

Mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menggandeng asosiasi pikulan umum kota (Angkot) Cilegon menghadirkan jasa antar jemput cuma-cuma bagi pengguna jasa kapal ferry dari stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengungkapkan, pihaknya memfasilitasi sekitar 30 unit pikulan kota nan melayani secara cuma-cuma bagi masyarakat dari Stasiun Cilegon untuk mengakses dermaga kapal penyeberangan di Merak.

Layanan angkot cuma-cuma ini tersedia selama arus mudik terhitung mulai Rabu (3/4/2024) sampai Selasa (9/4/2024), dengan waktu pelayanan pikulan cuma-cuma nan menyesuaikan agenda kereta api.

Adapun rute nan dilayani adalah dari Stasiun Cilegon menuju titik pemberhentian di Terminal Terpadu Merak (TTM) nan langsung terhubung dengan dermaga pelaksana dan reguler Pelabuhan Merak.

"ASDP dan semua pihak nan mengenai berupaya mewujudkan arus lampau lintas selama musim mudik dapat melangkah lancar dan kondusif dengan hadirkan jasa moda transportasi darat dan penyeberangan nan lebih terintegrasi. Melalui akomodasi ini ASDP berambisi dapat memudahkan penumpang kapal ferry nan berangkat mudik menggunakan kereta api menuju Pelabuhan Merak," tutur Shelvy.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6