Sri Mulyani Sudah Siapkan Senjata Hadapi Tantangan Geopolitik Global

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyadai kondisi ekonomi dunia tetap menjadi tantangan bagi Indonesia. Maka, diperlukan langkah waspada untuk merespons beragam kondisi tersebut.

Sri Mulyani mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi satu kementerian nan turut memperhatikan lembaga lain. Ini merujuk pada pengelolaan anggaran negara terhadap penyelenggaraan kepemerintahan.

"Lingkungan dunia kita nan sudah kami sampaikan dalam pembahasan sebelumnya ini menjadi suatu tantangan nan kudu kita waspadai lantaran Kemenkeu tidak menjadi organisasi nan hanya memandang dirinya sendiri, tapi selalu memandang kepada environment nan berubah sangat cepat," ungkap Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (10/6/2024).

Beberapa tantangan dunia nan dikantonginya merujuk pada nilai tukar mata duit nan mengalami tekanan. Lalu, adanya dinamika dari arus duit (capital flow) hingga eskalasi politik di sejumlah titik di dunia.

Menurutnya, dalam persiangan geopolitik saat ini, ekonomi mempunyai peran kunci. Mengingat, aspek perdagangan, investasi, hingga finansial menjadi perangkat persaingan geopolitik global.

"Dalam persaingan geopolitik ktia memandang sekarang trade, investment dan financing itu menjadi tools persaingan geopolitik, sehingga Kementerian Keuangan kudu memahami ini," tegasnya.

"Kemudian digitalisasi, perubahan suasana dan aging population menjadi trend setter nan kudu kita waspadai didalam kreasi kebijakan fiskal kedepan," sambung Bendahara Negara ini.

Dia mengamini, kondisi pertumbuhan ekonomi dunia pasca Covid-19 nan tetap stagnan turut berpengaruh pada ekonomi nasional. Utamanya, dalam menentukan kebijakan fiskal nan tepat.

"Dunia tetap dalam kondisi pertumbuhan nan relatif stagnan dan ini tentu menimbulkan akibat terhadap stand daripada makro fiskal kita," tegas Sri Mulyani.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6