Sri Mulyani: Masa Transisi Pemerintahan Indonesia Unik, APBN Mendatang Disiapkan Pemerintah saat Ini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam dalam aktivitas Fitch on Indonesia : Post Election Political and Economic Paths. Di aktivitas ini, Menkeu mengungkapkan bahwa APBN di tahun transisi ini bakal tetap konsentrasi menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, pembuatan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan.

Langkah nan dilakukan oleh pemerintah adalah dengan melakukan pembelanjaan APBN 2024 nan diarahkan pada peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial.

"Untuk APBN 2024, kami bakal terus konsentrasi pada shopping hal-hal nan penting, tak hanya untuk saat ini tapi demi masa depan Indonesia. Belanja pendidikan tetap menjadi nan terbesar mencapai 20% APBN kita," kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

"Ini digunakan untuk prasarana pendidikan, software, peningkatan kualitas sekolah, guru, dan pemberian danasiwa khususnya untuk masyarakat tidak mampu," ungkap dia.

Perlindungan sosial juga menjadi salah satu shopping terpenting dalam APBN, khususnya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat berpendapatan rendah dari akibat El Nino. Selain itu, pemerintah saat ini juga berupaya meningkatkan akomodasi kesehatan, terutama faskes primer di wilayah untuk penanganan stunting sejak dini.

Menkeu menjelaskan, bagian lain nan terus didorong untuk menguatkan ekonomi Indonesia adalah hilirisasi beragam mineral strategis.

"Indonesia mempunyai posisi dan timing nan tepat, entah itu mengenai nikel maupun tembaga nan bakal dibutuhkan di era teknologi digital dan kepintaran buatan. Itulah kenapa hilirisasi memberikan kesempatan untuk menciptakan nilai tambah bagi Indonesia," ucap sang Bendahara Negara.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6