Sri Mulyani Lapor Jokowi: Isu Viral Bea Cukai Sudah Selesai, Lanjut Perbaikan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mendapat sorotan dari masyarakat. Hal ini terjadi lantaran sejumlah kasus nan melibatkan instansi pemerintah ini. 

Banyaknya kasus nan mencuat tersebut kemudian mendapat perhatian unik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) nan menyatakan bakal ikut turun tangan menyelesaikan carut marut perizinan bea cukai. 

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo pun menyambut baik langkah Jokowi memastikan bakal turun tangan untuk membenahi beragam persoalan di tubuh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) ini.

Kehadiran Presiden Jokowi diperlukan untuk perbaikan keahlian Bea Cukai. Mengingat, adanya keterlibatan dari kementerian/lembaga lain dalam pengawasan peralatan masuk oleh Bea Cukai.

"Kita tahu urusan kepabeanan tidak hanya Kemenkeu, ada irisan nan berasosiasi dengan kementerian lembaga lainnya," ujar Yustinus kepada awak media di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2024).

Terkait kunjungan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ke Istana Negara pada siang ini. Yustinus menyebut sebagai corak laporan terhadap Kepala Negara atas sejumlah persoalan nan terjadi di tubuh Bea Cukai.

"Bu Menteri tadi sudah melaporkan mengenai beberapa rumor nan viral sudah ditangani dengan baik, sudah diselesaikan. Saat ini, sedang dirancang beberapa langkah untuk perbaikan perbaikan, lantaran ini kan beragam penyesuaian, ada dinamika tentang e-commerce dinamika di lapangan nan perlu diantisipasi," bebernya.

Dia berharap, kehadiran Presiden Jokowi bisa mempercepat penyelesaian sejumlah persoalan nan melibatkan Bea Cukai dalam beberapa waktu terakhir. Sehingga, Bra Cukai dapat konsentrasi melakukan penindakan atas masuknya peralatan impor terlarangan nan berpotensi merugikan finansial negara.

"Kami sangat berterima kasih support bapak presiden tentu bakal sangat membantu mempercepat kordinasi dan mengakselerasi perihal hal nan perlu untuk diselesaikan secara cepat. Dan ini kami rasa selaras dan mudah mudahan penyelesaian holistik bakal selesai lebih cepat, dan akibat ke masyarakat juga lebih baik," ujarnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com 

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6