SKK Migas Luncurkan Inovasi Teknologi SPEKTRUM

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - SKK Migas menggelar Pre Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024 (Pre IOG SCM Summit 2024 ) di Surabaya, pada 10-11 Juni 2024. Pre IOG SCM Summit ini digelar di Surabaya dengan tema ‘Technology and Digitalisation’.

Wakil Kepala SKK Migas Shinta Damayanti menjelaskan, gelaran ini menekankan peran krusial teknologi dan digitalisasi dalam memajukan Supply Chain Management (SCM) industri hulu migas nasional.

“Diperlukan sinergi antara SKK Migas, KKKS, dan pemangku kepentingan dalam rangka program pengeboran jangka panjang nan telah dituangkan dalam Long Term Program (LTP) demi menunjang aktivitas upaya hulu migas nan efektif dan efisien khususnya dalam aktivitas Supply Chain Management (SCM),” kata Shinta, Senin (10/6/2024).

Pada kesempatan ini Wakil Kepala SKK Migas, Shinta Damayanti juga meresmikan Sistem Pemetaan Kolaboratif Tata Ruang Hulu Migas alias SPEKTRUM IOG 4.0 dengan mengaktifkan Wilayah Kerja migas sebagai sumber info dan info geospasial nan dapat diakses melalui kerjasama info connection antara SKK Migas dan KKKS.

Saat pembukaan acara, datang Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, serta para pemangku kepentingan industri hulu migas seperti KKKS, para pelaku industri penunjang hulu migas, golongan upaya UMKM, lembaga dan akademisi, termasuk perwakilan pemerintahan daerah.

Sistem Pemetaan Kolaboratif 

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko menjelaskan, SPEKTRUM adalah sistem pemetaan kolaboratif nan dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tata ruang sektor hulu migas. Sistem ini memungkinkan sinkronisasi dan pengharmonisan peta dari beragam bagian kerja, nan integrasi dengan peta OneMap ESDM dan Kebijakan Satu Peta Nasional.

“Penerapan SPEKTRUM memudahkan pemetaan dan pengelolaan info ruang, serta mendukung kerjasama antar pemangku kepentingan industri hulu migas nasional. Inovasi ini tentunya mendorong kemajuan industri hulu migas melalui mengambil teknologi canggih dan digitalisasi,” ujarnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6