Simak Jadwal Operasional Jalan Tol Solo-Yogyakarta saat Mudik Lebaran 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PT Jasamarga Jogja Solo memperkirakan 12.000 kendaraan bakal melintasi jalan Tol Solo-Yogyakarta per harinya selama periode libur Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiansyah menjelaskan bahwa nomor itu diperoleh dari info kendaraan nan melintasi tol tersebut pada libur Natal dan Tahun Baru 2024, di mana rata-rata terdapat 1.000 hingga 1.200 kendaraan nan melintas setiap jam.

Rudy menjelaskan Jasamarga telah menyiapkan solusi untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di gerbang tol keluar GT Ngawen Klaten, ialah dengan menyediakan jalur pengganti sepanjang tiga kilometer dari KM22 hingga KM25.

“Ini tentatif lantaran sifatnya untuk mitigasi andaikan di KM22 ada kepadatan. Namun, secara bangunan tetap lean concrete (LC), sepanjang tiga kilometer kelak keluarnya ke Pabrik Gula Gondang,” kata Rudy.

Dibuka Fungsional Mulai 5 April 2024

Jalan Tol Solo-Yogyakarta siap dibuka kembali secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus kembali Lebaran 2024.

Rudy mengatakan jalan Tol Solo-Yogya sepanjang 22 km ruas Kartasura—Ngawen Klaten itu bakal mulai beraksi pada 5-15 April pukul 06.00–17.00 WIB.

Selama libur Lebaran nanti, jalan tol Solo-Yogya hanya bakal berfaedah satu arah saja. Pada periode 5-11 April untuk dari nan arah Solo menuju Yogya. Kemudian, pada 12-15 April untuk dari Yogyakarta menuju Solo.

Kendaraan nan bisa melintas ruas jalan tol ini hanya jenis kendaraan roda empat golongan 1 alias non bus.

Mengingat jalan tol ini tetap dalam proses pembangunan maka kecepatan kendaraan juga dibatasi maksimal 40km/jam.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6