Sheynnis Palacios Juara Miss Universe 2023, Apa Saja Hadiah yang Bakal Didapat?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sheynnis Palacios dari Nikaragua dinobatkan sebagai Miss Universe 2023 pada puncak kontes kecantikan tahunan nan berjalan pada Sabtu malam, 18 November 2023 di San Salvador, El Salvador.

Dikutip dari CNN, Minggu (19/11/2023), pemenang kontes nasional dari 84 negara telah berkompetisi di Miss Universe 2023. Sejumlah juri pada arena Miss Universe 2023 antara lain model Halima Aden, bintang Queer Eye Carson Kressley, influencer TikTok Avani Gregg dan dua mantan pemenang Miss Universe Janelle Commissioning dari Trinidad&Tobago (Miss Universe 1977) dan Iris Mittenaere of France (Miss Universe 2016).

20 semi-finalis diumumkan pada awal proses Sabtu malam menyusul hasil kejuaraan pembukaan (dan pemungutan bunyi fans global).

Setelah babak busana renang, jumlah peserta menjadi 10 peserta miss universe dengan tersingkirnya kontestan pertama “berlekuk” nan lolos ke semi final kontes tersebut, Miss Nepal. Serta kontestan pertama nan memilih burkini sebagai busana renang, Miss Pakistan.  Kemudian pada babak selanjutnya menyisakan tiga kontestan antara lain Palacios, Porsild dan runner up kedua Moraya Wilson dari Australia.

Ditanya di babak final siapa nan bakal dia pilih untuk habiskan waktu sehari dalam hidupnya, Palacios memilih filsuf dan feminis dari Inggris abad ke-18 Mary Wollstonecraft nan menurut dia, mendobrak batas dan memberi kesempatan kepada banyak perempuan. “Tidak ada batas bagi wanita saat ini,” dia menambahkan melalui penerjemah.

Adapun Sheynnis Palacios menggantikan Miss Universe 2022, R’Bonney Gabriel dari Amerika Serikat (AS).

Hadiah nan Bakal Diterima

Seiring hasil arena kontes kecantikan tersebut, pemenang bakal membawa pulang beberapa hadiah. Selain duit tunai dan mahkota Mouawad, sebuah permata ikonik berbobot USD 5 juta alias sekitar Rp 77,70 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.540). Selain permata, mahkota tersebut juga terbuat dari permata dan emas.

Pemenang juga bakal mendapatkan satu tahun komitmen miss universe, dan banyak tujuan dan sasaran nan mendukung partisipasinya dalam kontes. Pemenang pun bakal mendapatkan penghasilan tahunan sekitar USD 250.000 alias sekitar Rp 3,88 miliar, demikian dikutip dari laman Marca.

Selain itu, miss universe juga bakal mempunyai akses ke produk-produk kelas satu antara lain make-up, perawatan kulit, busana eksklusif, perhiasan dan semua produk nan diperlukan untuk tampil sebagai ratu kecantikan dengan perjalanan keliling dunia.

Selain itu, pemenang juga bakal bekerja sama dengan ahli foto terbaik di bumi mode dan berperan-serta dalam aktivitas eksklusif serta pesta glamor.

Terpilih Jadi Miss Universe 2023, Sheynnis Palacios Bawa Nicaragua Kali Pertama Juara Selama 72 Tahun

Sebelumnya diberitakan, dikutip dari Kanal Lifestyle Liputan6.com, malam penobatan Miss Universe 2023 baru saja berjalan di San Salvador, El Salvador, Sabtu, 18 November 2012 waktu setempat alias Minggu (19/11/2023) waktu Indonesia. Sebanyak 84 kontestan dari berbagi negara berkompetisi memperebutkan gelar Miss Universe nan akhuirnya diraih Miss Nicaragua 2023, Sheynnis Alondra Palacios.

Di arena puncak nan disaksikan oleh seluruh bumi ini Sheynnis Palacios berhasil mengungguli Miss Australia Moraya Wilson, dan Miss Thailand Antonnia Porsild nan masuk Top 3 Miss Universe 2023. Mahkota Miss Universe pun diberikana pemenang di tahun lalu, R'Bonney Gabriel dari Amerika Serikat dan dipakaikan ke kepala Miss Nicaragua.

Sheynnis pun membikin sejarah dengan menjadi Miss Universe pertama dari Nicaragua selama 72 tahun penyelenggaraan kontes kecantikan ini. Sheynnis berprofesi sebagai model dan presenter televisi. Ia merupakan lulusan Universidad Centroamericana dengan gelar sarjana bidang komunikasi massa.

Wanita berumur 23 tahun ini tampil memukau di atas panggung dan lugas saat pertanyaan para juri Miss Universe 2023. Adapun Miss Thailand Anntonia Porsild meraih posisi runner-up 1 dan Miss Australia Moraya Wilson menjadi juara runner-up 2.

Pakistan Kirim Perwakilan

Sebelumnya, mereka masuk Top 5 berbareng Miss Kolombia dan Miss Puerto Riko. Sedangkan Top 10 juga diraih oleh Miss El Salvador, Peru, Filipina, Spanyol dan Venezuela.

Yang menarik, dilansir dari laman Hola! Minggu (18/11/2023), di tahun ini untuk kali pertama Pakistan mengirimkan perwakilannya. Hal ini dinilai membikin arena kontes kecantikan sejagat ini makin inklusif dan beragam. Miss Pakistan Erica Robin apalagi sukses menembus Top 20 alias 20 Besar. Sayangnya, wakil Indonesia, Fabienne Nicole Groeneveld kandas masuk 20 besar.

Dalam kontes Kostum Nasional nan digelar dalam rangkaian kejuaraan Miss Universe 2023 di El Salvador, Kamis, 16 November 2023, waktu setempat, Fabienne Nicole, juga tampil di atas panggung. Ia memakai kostum nasional "Ratu Luhur" nan didalangi Bubah Alfian.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6