Setelah Ada Drama, Sam Altman dan Anggota OpenAI Lainnya Bergabung dengan Microsoft

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Sebelumnya dikabarkan bahwa Sam Altman sang Founder sekaligus CEO OpenAI dipecat lantaran dianggap tidak selalu jujur dalam komunikasinya. Proses pemecatan itupun sangat mendadak dan dilakukan hanya melalui Google Meet dadakan dimana selanjutnya posisinya bakal digantikan oleh Mira Murati, Chief Technology Officer OpenAI akhirnya ditunjuk sebagai CEO pengganti sementara.

Selain itu, Siangnya, Presiden & Co-Founder OpenAI, Greg Brockman juga didepak sepihak dari jejeran Board OpenAI meski pada akhirnya, Greg Brockman pun memutuskan keluar namalain mengundurkan diri dari OpenAI, perusahaan nan juga dibangunnya itu.

Pemecatan itu tentu berakibat besar pada OpenAI dimata publik lantaran gimana tidak, parahnya para penanammodal OpenAI juga tidak diberitahu tentang gejolak ini, misalkan seperti Vinod Khosla, Reid Hoffman dan apalagi Microsoft hanya diberi tahu satu menit sebelum press release nya. Bagaimana tidak mengejutkan bukan?

Nah setelah cukup ramai diperbincangkan dan mendapatkan banyak tekanan dari para Investor, majelis dewan OpenAI memutuskan untuk menegosisasikan kemungkinan kembalinya Altman ke posisi semua. Namun tidak butuh waktu lama bagi Altman untuk mendapatkan pekerjaan baru, dia dan Greg Brockman nan juga telah menjadi presiden OpenAI, sekarang resmi berasosiasi dengan Microsoft untuk memimpin tim riset AI barunya.

Hal ini dikonfirmasi secara langsung oleh Satya Nadella melalui postingannya di X baru baru ini, berikut adalah pernyataannya:

I’m super excited to have you join as CEO of this new group, Sam, setting a new pace for innovation. We’ve learned a lot over the years about how to give founders and innovators space to build independent identities and cultures within Microsoft, including GitHub, Mojang Studios, and LinkedIn, and I’m looking forward to having you do the same.

Satya Nadella

Hubungan Microsoft dan OpenAI

Dalam Event Ignite 2023 nan digelar baru baru ini, Satya Nadella mengatakan bahwa kedua perusahan mempunyai hubungan nan sehat dan solid, namun setelah ada berita tersingkirnya Altman dari OpenAI, kabarnya itu membikin marah CEO Microsoft.

Kedepannya apakah hubungan antara keduanya bakal berubah dengan adanya perubahan pada management terkini?. Mari kita lihat jawabannya nanti, namun bagaimanapun Microsoft dan OpenAI bakal tetap melanjutkan kemitraan mereka, lantaran setidaknya mereka telah menginvestasikan 13 Miliar Dolar dan menyediakan infrastruktir cloud nan diperlukan bagi perusahaan.

OpenAI Tanpa Sam Altman dan Greg Brockman

Sementara Sam Altman dan Greg Brockman sekarang telah berasosiasi dengan Microsoft, Mira Murati nan awalnya menjabat sebagai Chief technology officer dan kemudian dilantik sebagai CEO sementara OpenAI awalnya mencoba mendorong majelis untuk membawa Altman kembali pada akhir pekan ini.

Dia apalagi menyatakan dengan singkat bahwa “OpenAI tidak ada artinya tanpa orang orangnya”.

Namun sayangnya upaya Mira Murati kandas untuk membawa Sam dan Greg kembali.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort