Sempat Ramai Keluhan Instagram dan WhatsApp Down, Ini Kata WhatsApp

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian pengguna media sosial IG dan aplikasi pesan WA mengeluhkan jasa kedua platform sempat down.

Berdasarkan pantauan di situs pendeteksi laman down, DownDetector, IG dan WA down terjadi pada Kamis (4/4/2024) awal hari, tepatnya sekitar pukul 02.00 WIB.

WhatsApp dan Instagram down ini dirasakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Keluhannya, ada banyak pengguna di beragam negara nan tidak bisa mengakses kedua jasa milik Meta.

Meski begitu, ada pula pengguna nan merasakan jasa WA dan IG mereka tetap normal dan dapat diakses.

Keluhan rupanya juga dirasakan oleh sebagian warganet nan ada di Indonesia. Ini terlihat dari tagar WA down nan sempat menggema di media sosial X.

Tagar WhatsApp down ini diiringi sejumlah meme dan unggahan nan menyindir WA alias Instagram.

Lantaran, keduanya dianggap terlalu sering error dan tak bisa diakses. Meme logo IG dan X namalain Twitter disandingkan, seolah jika IG sedang down, warganet lari mencari intermezo di X namalain Twitter.

WhatsApp luncurkan fitur memblokir pengguna untuk ambil screenshot foto profil pengguna lain. Pengguna bakal memandang layar hitam ketika menangkap foto profil orang lain

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kata WA Soal WA Down

Kabar jika WhatsApp down ini memang sempat dibenarkan oleh perusahaan. Lewat unggahan di akun X beberapa jam lalu, WA mencuit pihaknya tengah memperbaiki layanan.

"Kami tahu sebagian orang mengalami masalah saat ini, kami bekerja memperbaiki jasa agar 100 persen normal bagi semua pengguna, secepat mungkin," kata pihak WhatsApp.

Baru tiga jam setelah unggahan tersebut alias sekitar pukul 5 pagi, WA kembali mengumumkan jika jasa mereka sudah bisa diakses kembali.

Tak Minta Maaf, Cuma Infokan Layanan Kembali Normal

"Dan kami kembali, selamat berkirim pesan," kata WhatsApp.

Tidak ada penjelasan apa pun soal argumen IG dan WA tumbang. Perusahaan juga tidak minta maaf atas tumbangnya jasa mereka.

Perusahaan hanya menyebut tengah memperbaiki jasa dan mengumumkan jika layanannya sudah kembali normal.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6