Selain Emas, Tambang Martabe Agincourt Resources Juga Produksi Tembaga

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Kandungan mineral nan ada di tambang nan dikelola oleh PT Agincourt Resources (PTAR) yang berlokasi di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, rupanya tidak hanya emas. Di dalam tambang emas Martabe tersebut juga tersimpan mineral tembaga.  

General Manager Operations PT Agincourt Resources Rahmat Lubis menjelaskan, di tambang emas Martabe terdapat kandungan mineral bernilai tinggi berupa tembaga. Saat ini mineral tersebut sudah ditambang meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Perusahaan juga tengah mencapai pembeli untuk produk tersebut. 

"Ada tembaga tapi tidak banyak. Belum kami jual lantaran belum ada pembelinya. Kami sedang mencari buyer nan proper,” jelas Rahmat dikutip Senin (10/6/2024). Jumlah tembaga nan disimpan oleh PTAR saat ini mencapai 200 ton.

Namun meskipun ada tembaga, Rahmat menjelaskan bahwa Agincourt Resources tetap konsentrasi pada produksi emas. Untuk tahun ini, perseroan menargetkan produksi 210 ribu ounces setara emas. Bila dibandingkan dengan tahun lampau nomor tersebut naik sekitar 10%.

“Proyeksi tahun ini moderat sehingga pelung untuk tidak tercapai sangat kecil. Untuk kuartal I kami berada dalam trek untuk mencapai sasaran tersebut,” tutur Rahmat.

Saat ini produksi emas Agincourt Resources dari tiga area tambang ialah Purnama, Barani, dan Ramba Joring. Perusahaan tetap mempunyai tiga area lagi nan belum dikembangkan.

Untuk diketahui, Agincourt Resources adalah anak upaya PT Astra International Tbk (ASII), PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui PT Danusa Tambang Nusantara. Danusa menguasai 95% dan 5% sisanya milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Praktik Pertambangan Berkelanjutan, Agincourt Resources Tanam 60 Ribu Mangrove

Sebelumnya, PT Agincourt Resources (PTAR) melakukan tindakan tanam 60 ribu bibit manggrove dan menyebar menebar 50.000 bibit kerang dan kepiting di lahan seluas 19 hektar di Kelurahan Kalangan dan Desa Sitio-tio Hilir, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara.

Aksi tanam manggove nan diberi tajuk “Dari Hati Untuk Bumi” ini merupakan lanjutan dari tindakan setahun sebelumnya namun dengan jumlah dua kali lebih banyak. Pada tahun lalu, manggrove nan ditaman sejumah 30 ribu bibit.

Dengan tindakan nan dilakukan selama dua tahun ini, Agincourt Resources telah memendam 90.000 bibit Mangrove di area seluas 29 hektar.

Presiden Direktur Agincourt Resources Muliady Sutio, mengatakan, penanaman Mangrove di sekitar letak pertambangan merupakan bentuk nyata komitmen Agincourt Resources dalam menjaga lingkungan hidup dan keberlanjutan ekosistem pesisir.

Hal ini pun sejurus dengan tanggungjawab pemegang izin upaya pertambangan (IUP) dalam memenuhi penyelenggaraan aspek pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, reklamasi, serta pascatambang dan pascaoperasi nan dimuat dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 26 Tahun 2018.

Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

“Aksi Tanam Mangrove ini merupakan bagian integral dari strategi jangka panjang perusahaan dalam menjalankan praktik pertambangan nan berkelanjutan," jelas dia, pada Senin (3/6/2024).

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar wilayah operasional dan secara aktif berkontribusi pada pelestarian lingkungan hidup,” tambah dia. 

Sama seperti sebelumnya, kali ini, Agincourt Resources menggandeng Kelompok Tani Hutan Mandiri Lestari. Bibit Mangrove nan disiapkan kali ini adalah bibit lokal jenis rhizophora sp, Avicennia spp, Nypa fruticans, Bruguiera sp, siap tanam berumur 3 bulan di persemaian.

Sementara, bibit golongan Crustacea alias golongan kerang nan disebarkan berjenis lokus dan kepiting berjenis bakau dalam kondisi sehat dan segar.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6