Samsung Ungkap Dukungan AI untuk Jajaran Produk Rumah Tangga Bespoke Terbaru

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menampilkan jajarang perangkat rumah tangga terbarunya lewat event berjudul Welcome to Bespoke AI. Event ini digelar di tiga lokasi, ialah Seoul (Korea Selatan), Paris (Prancis), dan New York City (Amerika Serikat).

Dalam event tersebut, Samsung mengungkapkan visinya tentang konektivitas di produk tersebut dapat memberikan pengalaman nan lebih baik di rumah, sekaligus langkah AI membantu mengoptimalkan penggunaan perangkat elektronik.

Menurut Vice Chairman, CEO and Head of Device eXperience (DX) Division Samsung Electronics JH Han, dengan penerapan AI, produk-produk rumah tangga tersebut dapat melakukan lebih dari nan dibayangkan sebelumnya. Terlebih, ada penambahan layar di kulkas, induction range, dan mesin cuci.

"Sejak pertama kali memperkenalkan BESPOKE pada 2019, Samsung Electronics telah memperlihatkan kepada pasar gimana perangkat elektronik dapat dipersonalisasi sesuai dengan rumah dan style hidup setiap pengguna," tutur JH Han dalam keterangan resmi nan diterima, Rabu (3/4/2024).

Dijelaskan lebih lanjut, perangkat Bespoke terbaru dari Samsung dengan fitur dan konektivitas nan telah disempurnakan untuk menjadi pondasi bagi smart home. Lalu, ada pula AI Home baru serta layar LCD 7 inci nan terhubung ke beberapa produk untuk akses dan kontrol lebih intuitif.

Salah satu fitur nan dihadirkan Samsung adalah AI Home. Lewat AI Home nan mencakup fitur 3D Map View untuk menampilkan seluruh rumah secara 3D, pengguna bisa dengan mudah menemukan semua perangkat nan terintegrasi serta mengontrolnya.

Ada pula Mobile Smart Connect sebagai fitur baru nan dapat memberikan peringatan ke smartphone pengguna ketika berada di dekat perangkat terdaftar. Notifikasi pop-up meliputi menu quick control untuk menjalankan kegunaan utama perangkat secara langsung dari smartphone.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Jajaran Samsung Bespoke Terbaru

Samsung juga memamerkan fitur baru nan diberi nama Calm Onboarding. Dengan fitur ini, pengguna bisa lebih mudah melakukan registrasi produk, lantaran fitur ini secara langsung mendaftarkan produk nan dibeli dengan akun Samsung di Samsung.com ke aplikasi SmartThings dengan akun nan sama.

Tidak hanya itu, Samsung juga memperkenalkan beberapa produk Bespoke baru untuk tiap-tiap wilayah. ada Bespoke French Door Refrigrator dengan Family AI Hub, Bespoke Infinite Induction Line, Bespoke AI I Laundry Combo, Bespoke Jet Bot Combo AI, hingga Bespoke Jet AI Bespoke Cube.

Samsung juga mengungkap Bespoke Slide-in Range dengan AI home. Produk ini merupakan induction range multi-fungsi nan juga dilengkapi dengan beragam aspek menyenangkan.

Pada kesempatan tersebut, Samsung turut menampilkan visinya untuk mengimplementasikan AI generatif ke perangkat rumah tangga di tahun ini. AI generatif disebut bakal memungkinkan Bixby menjalankan satu perintah dalam satu waktu, memahami kalimat nan rumit, dan percakapan natural.

SmartThings juga disebut bakal terus berkembang lewat beberapa fitur baru, seperti Optimal Charging hingga SmartThings Energy. Samsung juga memastikan perangkat bersertifikasi dirancang secara efektif mencegah kejadian kebakaran nan disebabkan oleh produk.

Samsung Galaxy S20 dan Galaxy Note 20 Tak Lagi Dapat Update Keamanan Bulanan

Di sisi lain, tahun ini, giliran Galaxy S20 dan Note 20 nan tidak lagi mendapatkan pembaruan software keamanan bulanan. Hal ini terungkap dari buletin patch keamanan April 2024 nan dipublikasikan belum lama ini. 

Dalam buletin tersebut, semua model Galaxy S20 series, meliputi Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, Galaxy S20 Ultra, dan Galaxy S20 GE hanya bakal mendapatkan update keamanan per tiga bulan. Begitu juga dengan Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. 

Mengutip SamMobile, Rabu (3/4/2024), Samsung biasanya menurunkan agenda pembaruan untuk perangkat berasas kapan mereka mulai menjual perangkat.

Namun, Samsung sekarang menurunkan agenda Galaxy Note 20 dan Galaxy S20 FE berbarengan dengan Galaxy S20, S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, meski Galaxy Note 20 dan S20 FE dirilis enam bulan setelah S20 series. 

Hal nan mengejutkan, Samsung bakal terus mendukung seri Galaxy S20 untuk tahun kelima ponsel ini, meski secara resmi hanya memenuhi syarat untuk mendapatkan empat tahun update. 

Galaxy S20 FE, Galaxy Note 20, dan Note 20 Ultra disebut bakal mendapatkan perpanjangan support selama enam bulan. 

Semua perangkat ini kemungkinan besar bakal dihapus dari daftar perangkat nan didukung sepenuhnya pada waktu nan sama, tahun depan. 

Tentang Galaxy S20 dan Note 20

Sekadar informasi, Galaxy S20 dan Note 20 series dirilis pada 2020. Saat ini support pembaruan OS-nya telah berakhir. HP ini terakhir mendapatkan pembaruan One Ui 5.1 berbasis Android 13. Oleh karenanya, HP tersebut tak bakal mendapatkan pembaruan One UI 6 alias Android 14. 

Saat dirilis Galaxy S20 dan Galaxy Note 20 menjalankan Android 10. Itu artinya, tahun 2024 menjadi tahun terakhir perangkat ini mendapatkan pembaruan keamanan.  

Ini merupakan perihal nan normal jika bicara tentang masa pakai ponsel, di mana update jadi lebih jarang setelah masa update-nya berakhir. Pada akhirnya, ponsel tak lagi menerima update OS alias keamanan dari produsen. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6