Samsung Rilis Update Fitur Filter ND di Aplikasi Kamera Expert RAW, Hadir untuk HP Kelas Flagship

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah merilis update untuk aplikasi kamera Expert RAW di lini HP Galaxy flagship. Expert RAW adalah aplikasi kamera nan memberikan kontrol manual untuk parameter pemotretan, menyimpan gambar dalam format RAW berbobot tinggi, serta menyediakan fitur-fitur seperti astrofotografi.

Adapun salah satu udpate terbaru yang dihadirkan di aplikasi Expert RAW dari Samsung kali ini adalah filter Neutral Density (ND), sebuah fitur eksperimental nan memungkinkan pengguna mengurangi sinar nan masuk ke lensa kamera. 

Sekadar diketahui, filter ND umumnya digunakan untuk fotografi di siang hari dengan sinar terang alias kondisi terang lainnya.

Sebagai contoh, jika pengguna mau menciptakan gambar dengan pengaruh motion blur di siang hari, seperti saat memotret air terjun, pengguna memerlukan shutter speed lambat. Namun, shutter speed lambat pada siang hari dapat menyebabkan gambar terlalu cerah dan kelebihan cahaya. 

Mengutip SAM Mobile, Sabtu (18/10/2023) di sini lah kemampuan filter ND berkedudukan di aplikasi Expert RAW. Jadi, filter ini membantu menjaga keseimbangan antara shutter speed lambat dan sinar nan masuk ke kamera.

Filter ND dapat dianggap sebagai kacamata hitam untuk kamera, nan membantu mengontrol sinar pada kondisi penerangan nan cerah. Meskipun filter ND biasanya berupa filter bentuk untuk kamera khusus, Samsung telah mengimplementasikannya melalui pembaruan fitur di aplikasi Expert RAW.

Setelah memasang aplikasi Expert RAW terbaru dari Galaxy Store, pengguna dapat menemukan fitur filter ND di bagian "Expert RAW Labs" pada pengaturan aplikasi. 

Setelah diaktifkan, ikon ND bakal muncul di perspektif kanan atas viewfinder, dan pengguna dapat menekan ikon tersebut untuk menyesuaikan kekuatan filter ND dalam kelipatan dua, mulai dari 2 hingga 1000.

Update ini memberikan pengguna HP Samsung lebih banyak kontrol imajinatif dalam mengambil foto dengan kondisi pencahayaan nan berbeda, sehingga membuka kesempatan untuk eksplorasi imajinatif dan hasil nan unik.

Lewat One UI 6, Samsung Boyong Alat Edit Foto Enhancer-X ke Deretan HP Ini

Sebelumnya, Samsung One UI 6 akhirnya resmi diluncurkan. One UI 6 adalah antarmuka unik Samsung nan melangkah di atas sistem operasi Android.

UI baru ini menyajikan beragam fitur baru nan menonjol, terutama dalam perihal fitur kamera nan diperkaya dengan kepintaran buatan (AI).

Salah satu sorotan dari pembaruan ini adalah aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X. Aplikasi ini dapat dianggap sebagai pisau serbaguna untuk perangkat gambar, membawa pengalaman fotografi Anda ke tingkat berikutnya. 

Saat mengambil foto bintang, Galaxy Enhance-X menggunakan kepintaran buatan untuk mengenali rasi bintang dan galaksi nan terdapat dalam foto kamu. Untuk meningkatkan kejernihan foto, aplikasi ini apalagi dapat menghilangkan keburaman nan disebabkan oleh sidik jari pada lensa.

Fitur lainnya nan menarik adalah keahlian Enhance-X untuk mengubah video biasa menjadi video slow motion. Dengan membuat frame tambahan, aplikasi ini bisa menciptakan tampilan lambat sekaligus halus. 

Terakhir, Enhance-X menggunakan kepintaran buatan untuk memilih foto dan klip video terbaik nan dapat dibagikan kepada teman-teman kamu.

Dilansir PCMag, Sabtu (11/11/2023), aplikasi ini bakal tersedia untuk sejumlah model ponsel Samsung, termasuk Galaxy S20 ke atas, seri Note 20, A53, A54, serta semua ponsel Galaxy Z Flip dan Z Fold. 

Dengan konsentrasi pada penemuan kamera nan ditingkatkan, One UI 6 memberikan pengalaman pengguna nan lebih memuaskan dalam mengabadikan momen-momen berharga. Selamat menikmati pembaruan baru!

Alat Edit Bawaan Samsung Juga Ditingkatkan

Selain itu, One UI 6 membawa sejumlah perangkat bantu penyuntingan gambar lain nan menarik untuk mempercantik hasil foto para pengguna HP Samsung. 

Salah satunya adalah AI Image Clipping, nan memungkinkan pengguna memilih subjek dalam foto dan mengubahnya menjadi stiker nan dapat ditambahkan ke beragam media, seperti video alias foto.

Dalam One UI 6, fitur Document Scan juga diperbarui dengan kepintaran buatan. AI bakal mendeteksi apakah pengguna telah mengambil gambar arsip dan secara otomatis menampilkan layar edit Auto Scan. 

Ini memungkinkan penyesuaian gambar agar lebih jelas. Fitur ini juga dapat mengenali jari-jari tangan dalam foto dan menghapusnya dari hasil pemindaian akhir.

Di sisi lain, pengguna Galaxy S23 Ultra mendapatkan keistimewaan dengan pengaturan sigap resolusi tinggi, memungkinkan pengambilan gambar sigap pada resolusi penuh 200MP saat berada dalam mode Photo atau Pro di aplikasi kamera.

Samsung juga menambahkan widget kamera baru, memberikan akses sigap ke mode kamera nan telah diatur sebelumnya. Misalnya, pengguna dapat memiliki widget yang langsung meluncurkan kamera ke mode Potret.

Pembaruan lainnya termasuk kreasi ulang pada Photo Editor dalam aplikasi Kamera, dengan penataan ulang fitur seperti Straighten dan Perspective. Tombol Undo dan Redo baru juga ditambahkan untuk memudahkan komparasi hasil edit dengan keadaan sebelumnya.

Untuk memeriksa pembaruan One UI 6 pada ponsel Samsung, pengguna dapat membuka Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak dan mengecek Unduh dan Instal. 

Daftar HP Samsung nan Kebagian One UI 6 di Akhir 2023

Belum lama ini, pengelola forum Komunitas Samsung secara resmi mengumumkan kehadiran pembaruan software One UI 6. Kabar ceria datang lantaran pembaruan berbasis Android 14 ini bakal segera meluncur ke beragam model HP Samsung di akhir tahun ini.

Tidak hanya model flagship terbaru, tapi HP Samsung model flagship dari tahun sebelumnya serta model entry-level dan mid-range turut masuk dalam daftar pembaruan ini.

Hingga sekarang, secara keseluruhan, ada 30 model smartphone Samsung nan bakal merasakan beragam fitur baru dan perbaikan nan dibawa One UI 6.0.

Mengutip GizChina, Selasa (14/11/2023), agenda rilis One UI 6 pun telah diatur per pekan. Jadi, pengguna sudah bisa mengetahui info perincian kapan perangkatnya bakal mendapatkan pembaruan One UI.

Gelombang awal pembaruan dimulai pada Minggu ke-43 2023, dengan seri Galaxy S23 menjadi perangkat pertama nan mendapatkannya. Sejak 30 Oktober 2023, pengguna Galaxy S23, Galaxy S23+, dan Galaxy S23 Ultra dapat menikmati pengalaman baru nan ditawarkan oleh One UI 6 berbasis Android 14 ini.

Setelah lini Galaxy S23, Samsung juga bakal menggulirkan update ke deretan perangkat lainnya. Apa saja perangkat nan bakal mendapatkan One UI 6? Simak info lengkapnya berikut ini dari Samsung.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6