Samsung Kuasai Pasar Monitor OLED Dunia, Terlaris Sepanjang 2023

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics meraih posisi teratas dalam penjualan dunia untuk monitor OLED, satu tahun setelah meluncurkan model OLED pertamanya: Odyssey OLED G8 34 inci (model G85SB).

Menurut catatan International Data Corporation (IDC), Samsung Electronics, menempati posisi teratas di pasar monitor OLED dunia dengan meraih 34,7% pangsa pasar berasas total pendapatan.

Samsung juga bertengger di posisi teratas dalam pangsa pasar berasas volume penjualan, dengan 28,3% monitor OLED nan terjual pada 2023.

“Market monitor OLED sangat kompetitif, sehingga untuk meraih posisi teratas dibutuhkan penemuan dan kualitas produk nan terbaik,” kata Executive Vice President of Visual Display Business Samsung Electronics, Hoon Chung, dikutip Selasa (15/4/2024).

“Pencapaian ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjadi nan terbaik dan memahami kebutuhan konsumen, nan merupakan aspek kunci dalam memproduksi monitor OLED bagi para gamer di seluruh bumi nan menginginkan performa tinggi,” sambungnya.

Samsung juga mempertahankan kepemimpinannya di market monitor gaming dunia secara keseluruhan selama lima tahun berturut-turut, dengan perolehan pangsa sebesar 20,8% dari total pendapatan.

Sejak memasuki pasar OLED, Samsung terus berinovasi dan menerima pujian untuk monitor-monitor barunya, termasuk Odyssey OLED G9 (model G95SC), nan mendapat pujian dari para mahir dan reviewer di seluruh dunia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

3 Produk OLED Baru

Pada gelaran CES 2024, Samsung mengumumkan ekspansi lini produk OLED-nya dengan meluncurkan tiga produk baru:

  • Odyssey OLED G8 (model G80SD) berlayar 32 inci dengan resolusi 4K UHD, rasio aspek 16:9, refresh rate 240Hz dan response time 0,03ms (GtG)
  • Odyssey OLED G6 (model G60SD) berlayar 27inci dengan resolusi QHD, rasio aspek 16:9, refresh rate 360Hz, dan respons time 0,03ms (GtG)
  • Pembaruan Odyssey OLED G9 (model G95SD), berlayar 49inci resolusi dual QHD dalam rasio aspek 32:9, refresh rate 240Hz, dan response time 0,03ms (GtG) dan fitur-fitur baru.

Sebagai informasi, Odyssey OLED G9 meraih Innovation Awards Honoree CES 2024.

Samsung Tolak Tawaran Apple, Ogah Bikin Layar OLED untuk iPhone SE 4 2025

Masih seputar layar OLED, iPhone SE 4 menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Kabar terbaru menyebut Samsung menolak tawaran Apple membuat panel OLED untuk smartphone mereka mendatang.

Permintaan nilai nan terlalu tinggi jadi penyebab batalnya kesepakatan. Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (30/3/2024), Samsung Display menawarkan Apple untuk memasok panel OLED untuk iPhone SE dengan nilai USD 30 untuk setiap layar.

Namun, nilai tersebut dirasa terlalu tinggi, sehingga Apple dikabarkan tak sepakat denga tawaran tersebut.

Samsung Display akhirnya mundur dari kesepakatan itu. Apple sekarang tengah mencari solusi alternatif.

Menurut berita nan beredar, perusahaan sekarang mencari opsi nan lebih terjangkau dengan anggaran USD 25 per panelnya.

Perusahaan panel asal China, BOE, sekarang menjadi mitra Apple untuk membikin layar untuk iPhone SE 4 2025.

Apple saat ini berfokus untuk menghemat biaya produksi untuk iPhone SE 4, mengingat panel smartphone merupakan salah satu komponen dengan biaya tertinggi.

Diperkirakan dengan adanya hambatan ini, perilisan iPhone SE ini berpotensi berakibat pada agenda produksi alias nilai retail dari ponsel itu.

Sebagai informasi, iPhone terjangkau ini bakal menggunakan panel berukuran 6.1 inch berteknologi LTPO OLED dengan refresh rate 60Hz.

Smartphone ini bakal menerapkan teknologi Face ID untuk sistem keamanan. Tak lupa, iPhone SE 4 akan mempunyai kamera beresolusi 48MP, dan prosesor nan lebih kencang.

Apple menargetkan 15 juta unit untuk produksi awal iPhone SE 4 nan bakal rilis di 2025 mendatang.

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6